UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PUSKESMAS WONODADI DI KABUPATEN BLITAR

HERA AVIYUNI, 090310530L (2006) UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PUSKESMAS WONODADI DI KABUPATEN BLITAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2007-aviyuniher-3705-kkckkt-k.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2007-aviyuniher-3705-tka360-u.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut Puskesmas Wonodadi di Kabupaten Blitar merupakan tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada masyarakat terutama yang berada di wilayah kecamatan Wonodadi. Dari data yang diperoleh selama empat tahun terakhir (2002-2005 ndah yaitu berkisar antara 18% dari target yang ditentukan. Hal ini adalah salah satu indikasi awal dari rendahnya mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas Wonodadi sehingga menyebabkan ketidakpuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis factor penyebab ketidakpuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut puskesmas Wonodadi sebagai dasar penyusunan rekomendasi upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut puskesmas Wonodadi di Kabupaten Blitar. Adapun metode penelitian dengan mewawancarai 65 pasien menggunakan kuesioner terhadap enam dimensi mutu Robert dalam Supriyanto (2003) yaitu : availability, accessability, appropriate, acceptance, competence dan physically safe. Dari hasil penelitian kemudian ditentukan tingkat kesesuaian dengan membandingkan nilai mean harapan dan kenyataan. Apabila didapat tingkat kesesuaian kurang dari 100% artinya kepuasan belum terpenuhi. Setelah itu disusun prioritas masalah menggunakan diagram cartesius. Variabel-variabel di kuadran I atau prioritas utama merupakan prioritas masalah penyebab ketidakpuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa factor penyebab ketidakpuasan pasien yaitu : (1) availability : alat-alat yang ada di BP Gigi dan Mulut masih sangat kuno, sering rusak dan tidak lengkap ; (2) accessability : lokasi puskesmas tidak strategis dan tarif dianggap mahal oleh pasien ; (3) appropriate : dokter gigi sering meninggalkan ruangan dan perawat gigi tidak focus pada pekerjaan saat ada pasien ; (4) acceptance : perhatian dokter gigi dan perawat gigi biasa saja dan tidak khusus ; (5) competence : pasien yang komplain terhadap hasil perawatan dan sering kena alat saat perawatan : (6) physically safe : hasil cabut gigi dan suntik anestesi masih terasa sakit dan pasien tidak nyaman saat dirawat. Untuk mengatasi masalah yang menyebabkan ketidakpuasan pasien tersebut disusun rekomendasi sebagai berikut: (1) availability : alat dilengkapi, diperbaiki dan diservice 6 bulan sekali ; (2) accessability : promosi pelayanan kesehatan, sosialisasi tarif dan pemindahan lokasi untuk jangka panjang ; (3) appropriate : dokter gigi harus di ruangan dan perawat gigi harus focus pada pekerjaan saat ada pasien, (4) acceptance : dokter gigi dan perawat gigi harus memberi perhatian lebih khusus pada pasien ; (5) competence : dokter gigi dan perawat gigi diberi pelatihan lebih 1 kali dalam setahun ; (6) physically safe : dokter gigi _memperbaiki pencabutan gigi dan penyuntikan anestesi serta ruangan BP Gigi dan Mulut diperluas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 36/07 Avi u
Uncontrolled Keywords: Dental and Oral Department, Medical service quality, Patient satisfaction level, Cartesius Diagram
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
HERA AVIYUNI, 090310530LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorR. Darmawan Setijanto, Dr., drg., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorSetya Haksama, drg.,M,KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 07 Jun 2017 17:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item