WANPRESTASI VERSUS OVERMACHT DALAM TRANSAKSI INTERNET BANKING

ROSIDA, 031043033 (2012) WANPRESTASI VERSUS OVERMACHT DALAM TRANSAKSI INTERNET BANKING. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2012-rosida-23597-thb-03-1-k.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2012-rosida-19977-thb0312.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Internet banking merupakan salah satu pelayanan jasa bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Kesalahan server sering kali menjadi kendala dalam transaksi internet banking. Kegagalan transaksi dalam internet banking ini menimbulkan 2 (dua) pandangan hukum yang berbeda, wanprestasi menurut nasabah dan overmacht menurut bank. Bank sebagai penyelenggara layanan transaksi internet banking ketika dinyatakan wanprestasi oleh nasabah pengguna jasa layanan internet banking, bank dinilai keliru berprestasi. Sebaliknya bank tidak akan mau dianggap wanprestasi atas kesalahan server yang menimbulkan kerugian nasabah. Pihak bank akan dengan tegas menganggap bahwa kejadian tersebut merupakan overmacht. Hubungan hukum dalam transaksi internet banking antara nasabah dengan bank diawali dengan transaksi pembukaan rekening. Form bidang dana sering kali berkaitan dengan transaksi bidang jasa karena transaksi bidang jasa perbankan adalah fasilitas yang dapat dinikmati nasabah (walk in customer). Bank berkedudukan sebagai kreditor dan nasabah berkededukan sebagai debitor. Sengketa antara nasabah dengan bank dalam transaksi internet banking yang timbul dari permasalahan hukum dapat melalui lembaga mediasi perbankan. Pengajuan penyelesaian sengketa melalui lembaga mediasi perbankan dapat disampaikan kepada Bank Indonesia oleh Nasabah. Apabila mediasi perbankan tidak dapat berhasil penyelesaian sengketa biasanya dilakukan melalui pengadilan (litigasi), penyelesaian sengketa melalui pengadilan (litigasi) sebagai jalan yang terakhir setelah alternatif atau upaya penyelesaian sengketa yang lain dinilai tidak membuahkan hasil

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB 03 / 12 Ros w
Uncontrolled Keywords: Wanprestasi,Overmacht,Internet Banking
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
ROSIDA, 031043033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr., S.h., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36479
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item