MULTI AKAD YANG TIMBUL PADA PERJANJIAN RAHN (STUDI DI BANK BNI SYARIAH)

INTAN ISNA HIDAYATILLAH, 031043036 (2012) MULTI AKAD YANG TIMBUL PADA PERJANJIAN RAHN (STUDI DI BANK BNI SYARIAH). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-hidayatill-26633-6.-abstr-k.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perjanjian rahn memiliki karakteristik yang berbeda dengan perjanjian gadai. Adapun perbedaan antara perjanjian rahn dengan perjanjian gadai, antara lain mengenai kedudukan dan sifat perjanjian, benda yang dijaminkan dan keuntungan yang diperoleh murtahin. Hubungan hukum para pihak yang timbul dari perjanjian rahn ini adalah pihak bank syariah sebagai murtahin dan pihak nasabah sebagai rahin. Dalam hal suatu ketika timbul sengketa antara pihak murtahin dan rahin, para pihak sepakat untuk menyelesaikan sengketa dengan cara musyawarah. Apabila dengan cara musyawarah tersebut masih belum dapat diselesaikan maka kedua belah pihak membawa kasus ini ke pengadilan agama yang dalam hal ini di Pengadilan Agama Surabaya, yakni wilayah domisili kantor cabang Bank BNI Syariah tersebut. Kedudukan perjanjian rahn adalah sebagai perjanjian ikutan atau accesoir dari perjanjian pinjam meminjam, sehingga apabila perjanjian pokoknya (qard) itu berakhir, maka perjanjian rahn pun otomatis berakhir pula. Pada perjanjian rahn terdapat multi akad sekaligus, yakni perjanjian rahn itu sendiri serta perjanjian ijarah. Perjanjian ijarah terkait transaksi rahn ini adalah perjanjian sewa tempat, dimana pihak bank menyediakan jasa penyediaan tempat menyimpan barang yang dirahnkan. Akibat yang timbul dari proses penyimpanan adalah timbulnya biaya-biaya yang meliputi nilai investasi, tempat penyimpanan, biaya perawatan dan keseluruhan proses kegiatannya. Atas dasar ini dibenarkan bagi bank mengenakan biaya sewa kepada nasabah sesuai jumlah yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 THB 08/12 Hid m
Uncontrolled Keywords: akad, rahn, gold rahn, warranty, agreement, fiduciary.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
INTAN ISNA HIDAYATILLAH, 031043036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Drs. Abd. Shomad,, S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 28 Oct 2016 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36854
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item