PERLINDUNGAN HUKUM BAGI BANK SYARIAH ATAS WANPRESTASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH

SEPTIANI MUTIARA ADININGRUM, 031142075 (2013) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI BANK SYARIAH ATAS WANPRESTASI PEMBIAYAAN MUDHARABAH. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-adiningrum-27660-3.-abstr-k.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
25.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prinsip syariah adalah aturan akad berdasarkan hukum Islam antara bank dengan pihak lain untuk menyimpan dana dan atau pembiayaan kegiatan usaha, atau kegiatan lainnya yang dinyatakan sesuai dengan syariah, antara lain,pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah), prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah), atau pembiayaan barang modal berdasarkan prinsip sewa murni tanpa pilihan (ijarah), atau dengan adanya pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah wa iqtina) Prinsip syariah yang wajib dipenuhi oleh bank syariah bersumber pada fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional. Prinsip-prinsip tersebut harus memenuhi prinsip keadilan (‘adl), prinsip keseimbangan (tawazun),dan prinsip kemaslahatan (maslahah). Tesis ini memfokuskan pada Perlindungan Hukum Bagi Bank Syariah Atas Wanprestasi Pembiayaan Mudharabah. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Bank Syariah menerapkan prinsip kehati-hatian dengan cara sebelum memberikan modal pembiayaan harus mempunyai keyakinan atas kemauan dan kemampuan calon Nasabah untuk melunasi seluruh kewajiban pada waktunya. Upaya yang dilakukan Bank Syariah atas wanprestasi pembiayaan mudharabah adalah Bank Syariah tidak serta merta mengambil tindakan untuk menjual lelang barang yang dibebani sebagai jaminan,melainkan menyerahkan penyelesaian lewat jalur litigasi atau non litigasi berdasarkan kesepakatan para pihak yang dituangkan dalam klausul perjanjian pembiayaan bahwa setiap sengketa yang timbul berdasarkan perjanjian yang dibuat antara bank syariah dengan nasabah diselesaikan melalui BASYARNAS atau ke Pengadilan Agama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 26/13 Adi p
Uncontrolled Keywords: Islamic banks, Islamic principles, mudaraba
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
SEPTIANI MUTIARA ADININGRUM, 031142075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, S.H., MH.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 2016
Last Modified: 21 Oct 2016 23:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/36995
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item