PERAN PEMERIKSAAN MANAJEMEN ATAS KEGIATAN PEMASARAN PADA PT. JAPFA COMFEED INDONESIA UNIT SIDOARJO

FEBRI NURAFIZHA HATRI, 040214405 (2006) PERAN PEMERIKSAAN MANAJEMEN ATAS KEGIATAN PEMASARAN PADA PT. JAPFA COMFEED INDONESIA UNIT SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-hatrifebri-3025-a23006.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hatrifebri-3025-a23006.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Unit Pakan Ternak Di Sidoarjo dengan judul "Pemeriksaan Manajamen atas Kegiatan Pemasaran". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana manfaat yang diberikan apabila melakukan pemeriksaan manajemen, sehigga dapat menilai apakah proses manajemen pemasaran perusahaan telah dapat mencapai tujuan atau sasaran perusahaan. Sehingga perusahaan dapat mengetahui efektifitas dan efisiensi pada Dept. Sales & Marketing pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Unit Pakan Ternak Di Sidoarjo. Alat analisis yang digunakan untuk menilai apakah proses manajemen pemasaran perusahaan telah dapat mencapai tujuan atau sasaran perusahaan adalah menggunakan pengukuran untuk pemeriksaan manajemen mencakup standar penjualan, pengendalian efektifitas penivalan dan analisis pengendalian efisiensi penjualan. Tolak ukur untuk menentukan efektifitas dan efisiensi perusahaan dengan cara mengevaluasi perencanaan, organisasi, pengendalian yang terdiri dari evaluasi atas efektifitas dan efisiensi penjualan, serta evaluasi harga, produk, promosi, dan distribusi. Hasil penelitian penulis temuan bahwa tujuan perusahaan telah terdokumentasi dengan baik dan sesuai dengan visi perusahaan. Sedangkan tujuan pemasaran kurang terdokumentasi dengan baik, sehingga ada beberapa bagian yang dikomunikasikan secara lisan. Dan juga tujuan tersebut tidak terinci dalam jangka panjang dan pendek. Strategi perusahaan secara umum mendukung pencapaian tujuan pemasaran, tetapi dalam pelaksanaannya masih ada yang belum maksimal. Analisis terhadap bauran pemasarannya diketahui cukup efektif, akan tetapi untuk pengembangan produk Baru dan sarana promosi masih kurang maksimal. Dari hasil analisis produktivitas penjualan dapat diketahui bahwa perusahaan dalam membuat anggaran penjualan berpedoman pada realisasi penjualan periode sebelumnya dan perkiraan penjualan yang akan datang. Dari analisis pengendalian efektifitas penjualan dari tahun 2003 sampai 2005 diketahui pada tahun 2004 kurang efektif, hal ini disebabkan karena pasaran sepi dan kurangnya jenis kegiatan promosi dan kebijakan efisiensi yang dilakukan oleh perusahaan. Dari analisis pengendalian efisiensi penjualan diketahui bahwa dari tahun 2003 sampai 2005 yang paling efisien adalah pada semester II 2004. Kesimpulan yang dapat diambil dari berbagai analisis diatas, maka kesimpulan tersebut dapat digunakan untuk menilai tingkat efektivitas dan efisiensi dalam pencapaian tujuan atau sasaran PT. JCI Unit Sidoarjo. Implikasi yang dapat diberikan sehubungan dengan kondisi perusahaan agar lebih dapat meningkatkan pencapaian tujuan perusahaan adalah dengan melakukan sedikit pembenahan dalam mekanisme kerja dalam rangka kegiatan pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.230/06 Hat p
Uncontrolled Keywords: pemeriksaan manajemen, pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
FEBRI NURAFIZHA HATRI, 040214405UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDJOKO DEWANTORO, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 27 Nov 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/370
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item