PERBANDINGAN EFEK PEMIJATAN MANUAL DAN ELEKTRIK OLEH AHLI DAN AWAM TERHADAP PERUBAHAN KADAR ASAM LAKTAT DARAH (PENELITIAN EKSPERIMENTAL LABORATORIS)

TUTUR JATMIKO, NIM010945002 (2011) PERBANDINGAN EFEK PEMIJATAN MANUAL DAN ELEKTRIK OLEH AHLI DAN AWAM TERHADAP PERUBAHAN KADAR ASAM LAKTAT DARAH (PENELITIAN EKSPERIMENTAL LABORATORIS). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-jatmikotut-24480-5.abst-k.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efek pemijatan secara manual dan elektrik oleh pemijat ahli dan awam pada otot tungkai setelah latihan fisik untuk mengetahui perubahan kadar asam laktat darah. Penelitian ini menggunakan metode randomized pretest-postest group design. Penelitian ini menggunakan 16 orang sebagai subyek penelitian yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 139 orang dan dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pemijatan manual oleh ahli dan awam dan kelompok pemijatan elektrik oleh ahli dan awam. Pemberian perlakuakn pemijatan dan istirahat dilakukan selama 5 menit. Data kadar asam laktat darah diambil segera setelah subyek penelitian melakukan latihan submaksimal, segera setelah pemijatan 5 menit dan setelah istirahat 5 menit yang diambil melalui pembuluh darah kapiler pada ujung jari subyek penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian akan diproses menggunakan ststistik non parametrik, uji normalitas, uji homogenitas, uji-t berpasangan dengan taraf siknifikansi 0,05 dengan menggunakan sistem komputersasi program SPSS. Hasil perhitungan perubahan kadar asam laktat pada kelompok pemijatan manual dan elektrik oleh ahli dan awam secara statistik adalah sama. Kesimpulan dari penelitian ini perubahan kadar asam laktat pada pemijatan manual oleh ahli menurunkan kadar asam laktat darah setelah pemijatan 5 menit dan meningkatkan kadar asam laktat darah 5 menit setelah pemijatan. Pada pemijatan elektrik oleh ahli menurunkan kadar asam laktat darah setelah pemijatan 5 menit dan 5 menit setelah setelah pemijatan Pada pemijatan manual oleh awam menurunkan kadar asam laktat darah setelah pemijatan 5 menit dan meningkatkan kadar asam laktat darah 5 menit setelah setelah pemijatan. Pada pemijatan elektrik oleh awam meningkatkan kadar asam laktat darah setelah pemijatan 5 menit dan 5 menit setelah setelah pemijatan. Pada pemijatan manual dan elektrik oleh ahli dan awam, secara statistik memiliki perbedaan tidak bermakna. Penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan pembatasan jumlah subyek penelitian yang dipijat dalam 1 sesi pengambilan data untuk mengurangi kelelahan pemijat dan menjaga kualitas pemberian manipulasi pijat, melakukan kontrol aktivitas (karantina), kelompok kontrol sebagai pembanding dengan kelompok perlakuan. Hasil penelitian ini perlu diterapkan pada beberapa jenis latihan fisik dan cabang olahraga, penerapan pada beberapa macam jenis alat pijat elektrik merek dan tipe lain, sampel pada orang terlatih dan tidak terlatih dan perbaikan sistem pelatihan dan sertifikasi agar pemijat yang bersertifikat benar-benar ahli berkualitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKO.03/13 Jat p; KKB KK-2 TKO.03/13 Jat p; KKC KK TKO.03/13 Jat p
Uncontrolled Keywords: asam laktat darah, pemijatan elektrik, pemijatan manual, ahli dan awam
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran
09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kesehatan Olahraga
Creators:
CreatorsNIM
TUTUR JATMIKO, NIM010945002NIM010945002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElyana Asnar Suhartono, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Thesis advisorTjitra Wardani, dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 11 Oct 2016 03:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item