PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI PENGADILAN KHUSUS DALAM RANGKA PERLINDUNGAN KONSUMEN DI INDONESIA

PUGUH WALUYO ANAM, 031141046 (2013) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI PENGADILAN KHUSUS DALAM RANGKA PERLINDUNGAN KONSUMEN DI INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-anampuguhw-24707-5.absr-i.pdf

Download (94kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
13.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Prinsip penyelesaian sengketa secara patut adalah salah satu prinsip perlindungan bagi konsumen di Indonesia, disamping prinsip perlindungan atas kesehatan dan harta, barang dan harga. Terhadap hal demikian maka sistem penyelesaian sengketa konsumen haruslah benar-benar dapat memberikan perlindungan maksimal dengan memberikan kesempatan kepada konsumen yang dirugikan untuk mengajukan gugatan. Penyelesaian sengketa konsumen di Indonesia berdasarkan UU nomor 8 tahun 1999, meskipun telah dibagi dengan dua cara yaitu penyelesaian sengketa diluar pengadilan dan melalui pengadilan, ternyata belum sepenuhnya memberikan jaminan akan terlaksananya sistem penyelesaian sengketa yang baik. Hal itu disebabkan oleh adanya inkonsistensi pasal-pasal dalam UU nomor 8 tahun 1999 yang mengatur penyelesaian sengketa konsumen diluar pengadilan. Demikian pula penyelesaian sengketa konsumen melalu peradilan umum banyak mengandung kelemahan yaitu penyelesaian sengketa yang lambat, biaya yang mahal, dan lain-lain sehingga sangat bertentangan dengan prinsip peradilan yang sederhana, cepat dan murah. Sengketa konsumen adalah sengketa yang bersifat khusus, dan penyelesaiannyapun perlu kekhususan, sehingga pembentukan pengadilan khusus konsumen di Indonesia merupakan langkah terobosan yang baik, dengan menghapus fungsi BPSK dalam hal penyelesaian sengketa konsumen diluar pengadilan, menciptakan proses peradilan yang khusus, pembuktian yang sederhana dan atau menciptakan hukum acara yang khusus untuk penyelesaian sengketa konsumen, dan jika perlu mengadopsi sistem Small Claims Court yang berlaku dinegara lain dan disesuaikan dengan keadaan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 25/13 Ana p
Uncontrolled Keywords: It is necessary to establish a consumer court in Indonesia
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
PUGUH WALUYO ANAM, 031141046UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sogar Simamora, Prof. Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 18 Oct 2016 02:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37091
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item