DAMPAK POLITIK IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK.

Ahmad Zainul Ihsan Arif, 071144025 (2013) DAMPAK POLITIK IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-arifahmadz-27110-6.abstr-k.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-arifahmadz-27110-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini menuangkan hasil eksplorasi penelitian tentang sektor privat dalam penyediaan peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui program corporate sosial responsibility yang dianjurkan oleh global governance. Lapangan studi yang dipilih adalah masyarakat di sekitar lingkungan dampak pabrik PT Semen Indonesia (Persero) Tbk yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Pemilihan topik studi implementasi CSR PT. Semen Gresik dimaksudkan sejauh mana keseriusan Pemerintah Indonesia dalam mengelaborasikan pembangunan berkelanjutan yang melibatkan sektor privat dalam kerangka tanggung jawab sosial dan lingkungan sektor Privat. Sebagai salah satu badan usaha milik negara diharapkan menjadi contoh yang baik untuk penerapan CSR melalui program kemitraan dan bina lingkungannya (PKBL). Studi deskriptif kualitatif ini menemukan implementasi CSR PTSI melalui program PKBL bersifat charity dan ekslusif yang belum mengarah ke community development seperti kesepakatan pelaksanaan CSR secara global. Bentuk implementasi CSR yang dipilih PTSI belum efektif dalam mengelola dampak sosial dan lingkungan yang benihnya dari konflik ekologi. Penerapan CSR yang dilandasi Peraturan Menteri No. PER-05/MBU/2007 dengan penerapan UU secara sektoral, berpotensi menumbuhkan konflik baru dengan empat dimensi konflik, yakni konflik vertikal, horizontal, internal dan eksternal. Penerapan CSR PTSI dapat dijadikan landasan evaluasi penerapan CSR di lingkungan BUMN. Evaluasi tersebut diperlukan karena berdasarkan kajian literatur terdapat dua kemungkinan yang dapat menjadi penyebab kegagalan CSR dalam meredam konflik/ ketegangan antara perusahaan dengan warga masyarakat sekitar perusahaan, pertama, program CSR yang dilaksanakan tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan kedua, adanya kelemahan dalam pelaksanaan program CSR. Evaluasi pelaksanaan CSR yang dilakukan perusahaan diharapkan dapat mengadopsi pendekatan community development karena dinilai lebih mendekati konsep empowerment dan sustainable development. Prinsip-prinsip good corporate governance, seperti fairness, transparency, accountability, dan responsibility kemudian menjadi pijakan untuk mengukur keberhasilan program CSR.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 TP. 17/13 Ari d
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Community Development, Good Corporate Governance
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Ahmad Zainul Ihsan Arif, 071144025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Prasetyo, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Windyastuti Budi H, Dr., Dra, MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 11 Aug 2016 04:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37297
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item