PERKEMBANGAN HAK MEWARIS JANDA MENURUT HUKUM ADAT

Jorinda Bittikaka, 030610170/N (2009) PERKEMBANGAN HAK MEWARIS JANDA MENURUT HUKUM ADAT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2009-bittikakaj-10308-tmk45-09.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s2-2009-bittikakaj-10409-tmk450-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hak janda menurut hukum adat sebagai ahli waris harta peninggalan almarhum suaminya, namun didasarkan atas sistem kekeluargaan dari suaminya. Pada masyarakat yang menganut kekeluargaan patrilinial berlainan dengan yang menganut kekeluargaan matrilinial maupun patental, yang jelas-jelas janda merupakan ahli waris harta peninggalan almarhum suaminya. Sedangkan pada masyarakat yang menganut sistem kekeluarkaan yang patrilinial, hak mewaris hanya jatuh pada anak laki-laki atau saudara laki-lakinya jika tidak mempunyai anak laki-laki. b. Menurut hukum adat meskipun janda sebagai ahli waris yang didasarkan atas hubungan perkawinan, namun selama belum pernah diputus oleh Mahkamah Agung bahwa janda adalah sebagai ahli waris, maka hukum adat dianggap belum mempunyai kekuatan mengikat. Hukum adat mempunyai kekuatan mengikat untuk diberlakukan apabila telah disengketakan dan terbitlah putusan Mahkamah Agung dalam bentuk yurisprudensi, sehingga menurut hukum adat janda sebagai ahli waris yang berhak menerima harta waris jika telah ada yurisprudensi yang mengaturnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB TMK 45/09 Bit p
Uncontrolled Keywords: Hak Waris
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K109-110 Law societies. International bar associations
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Jorinda Bittikaka, 030610170/NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Sri Hajati, Prof. Dr., SH.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 2016
Last Modified: 20 Sep 2016 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item