PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DARI REDISTRIBUSI TANAH NEGARA OBYEK LANDREFORM

ISMU BUDI EKO KUNCORO PUTRO, 030610164 N (2009) PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DARI REDISTRIBUSI TANAH NEGARA OBYEK LANDREFORM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-putroismub-12418-tmk155-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2010-putroismub-11332-tmk155-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perolehan hak atas tanah dari redistribusi tanah negara obyek landreform adalah pemberian hak yang diwujudkan dalam penetapan pemerintah. Pemberian hak yang terlebih dahulu dengan ditegaskan dengan Surat Keputusan Penegasan atas obyek landreform, yang selanjutnya barulah diterbitkannya Surat Keputusan terhadap kegiatan redistribusi tanah obyek landreform. Dengan Surat Keputusan redistribusi tanah inilah yang dijadikan dasar pendaftaran hak atas tanah ke kantor Pertanahan Kabupaten / Kota untuk dimohonkan dan diterbitkan sertipikat hak milik sebagai bukti kepemilikan hak atas tanah. Surat Keputusan redistribusi tanah negara obyek landreform yang telah diterima oleh penerima manfaat ( petani penggarap ) atas hak milik atas tanah tersebut tidak dapat dialihkan kepada pihak lain, baik sebagian ataupun seluruhnya sebelum dipenuhinya kewajibannya untuk mendaftarkan hak atas tanah tersebut sampai memperoleh tanda bukti hak berupa sertipikat. Peralihan hak milik sebelum dipenuhinya kewajiban tersebut dapat dilakukan sepanjang adanya ijin dari Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten / Kota yang memiliki alasan tertentu bahwa tanah tersebut akan dipergunakan untuk : ( 1 ) tanah tersebut masuk dalam proyek – proyek kepentingan umum, ( 2 ) penerima manfaat ( petani penggarap ) membutuhkan dana untuk kepentingannya secara pribadi yang sangat mendesak, ( 3 ) penerima manfaat ( petani penggarap ) meninggalkan tempat domisili / tempat lokasi tanah yang tidak memungkinkan lagi untuk mengusahakan tanah pertaniannya tersebut, seperti mengikuti program transmigrasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 155 / 09 Put p
Uncontrolled Keywords: Hak Atas Tanah; Tanah Negara.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation
K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB400-4855 Interdisciplinary discussion of subjects > KB1468-1550 Social laws and legislation. Welfare. Charities
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ISMU BUDI EKO KUNCORO PUTRO, 030610164 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUrip Santoso, SH., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 01 Aug 2016 09:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37728
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item