IDENTITAS ISLAM KONTEMPORER PADA REMAJA PEREMPUAN MUSLIM INDONESIA; SEBUAH PEMBACAAN KRITIS ATAS MAJALAH REMAJA “GLOSSY” INDONESIA

NISA KURNIA I, 070946010 (2011) IDENTITAS ISLAM KONTEMPORER PADA REMAJA PEREMPUAN MUSLIM INDONESIA; SEBUAH PEMBACAAN KRITIS ATAS MAJALAH REMAJA “GLOSSY” INDONESIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-nisakurnia-19587-tsk101-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-nisakurnia-16351-tsk1011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu persoalan yang cukup signifikan dalam proses modernisasi Indonesia adalah transformasi beragama dari ideologisasi menuju komersialisasi piritualitas yang disimbolkan oleh gaya hidup. Penelitian ini hendak menganalisis secara kritis wacana mengenai penciptaan identitas kontemporer bagi remaja perempuan muslim Indonesia yang dikonstruksikan oleh majalah remaja glossy”. Tema ini menarik menurut peneliti karena, semenjak masa Orde Baru berakhir, identitas perempuan muslim menjadi salah satu identitas perempuan yang dipopulerkan oleh media massa Indonesia untuk menunjukkan simbolisasi kesalehan kelas menengah. Media dengan konstelasi diskursusnya menciptakan sebuah makna baru mengenai seperti apa tampilan seorang muslimah dan bagaimana menjadi muslimah dalam kondisi Indonesia kontemporer. Kecenderungan ini menimbulkan sebuah reproduksi identitas keislaman yang memiliki modifikasi dibandingkan dengan kondisi keislaman pada masa Orde Baru. Sehingga, peneliti hendak membongkar, seperti apakah identitas keislaman kontenporer yang ditawarkan oleh majalah “glossy” remaja serta bagaimana remaja yang mengonsumsi majalah tersebut memberikan interpretasinya terhadap identitas yang ditawarkan. Untuk menjelaskan konstruksi majalah remaja terhadap identitas remaja perempuan muslim, penelitian ini menganalisis formasi diskursif mengenai identitas yang diartikulasikan melalui teks yang diproduksi oleh majalah remaja sekaligus mengkonfirmasikannya dengan interpretasi pembacanya. Menggunakan metode analisis wacana secara kritis, penelitian ini berusaha mengkaitkan produksi teks dengan interpretasi serta kondisi sosiokultural di Indonesia. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada akhirnya, posisi identitas remaja perempuan muslim masih problematik mengingat adanya hibriditas identitas dalam peran yang dijalaninya. Formasi diskursif identitas remaja perempuan muslim yang direpresentasikan dalam teks majalah ternyata memunculkan banyak tawaran-tawaran yang saling menegosiasikan mengenai identitas mereka. Bukan tidak mungkin, tawaran-tawaran diskursus ini bahkan saling bertentangan. Namun, para pemeran identitas ini tahu betul apa yang dituntutkan lingkungan sosial padanya sehingga mereka mengadopsi hibriditas identitas tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 10 / 11 Nis i
Uncontrolled Keywords: remaja perempuan muslim, analisis wacana, identitas Islam kontemporer, media studies, majalah remaja perempuan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP1-253 Islam
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
NISA KURNIA I, 070946010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah Ida, Dra.,M.Comms.,Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorRatih Puspa, S.Sos.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 08 Jun 2017 21:07
Last Modified: 08 Jun 2017 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/37980
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item