TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG DALAM ASURANSI KEBAKARAN (Studi Pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Ritel)

NOVA ARIFIN, 030942141 N (2011) TANGGUNG JAWAB PENANGGUNG DALAM ASURANSI KEBAKARAN (Studi Pada PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Surabaya Ritel). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-arifinnova-21178-tmk124-k.pdf

Download (310kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-arifinnova-17777-tmk124-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini membahas mengenai karekteristik perjanjian asuransi kebakaran dan tanggung jawab penanggung (perusahaan asuransi) dalam menyelesaikan tuntutan ganti rugi (klaim) dari tertanggung ketika terjadi peristiwa kebakaran. Karakteristik utama dari perjanjian asuransi kebakaran adalah adanya asas indemnitas atau keseimbangan, artinya jika terjadi suatu peristiwa tidak pasti, maka jumlah kerugian yang diganti oleh penanggung harus seimbang dengan jumlah kerugian yang diderita oleh tertanggung (Pasal 253 KUHD). Dalam asuransi kebakaran dikenal ada 3 (tiga) bentuk pertanggungan, yaitu : pertanggungan penuh, pertanggungan diatas harga dan pertanggungan dibawah harga. Asuransi kebakaran tidak hanya standar menjamin risiko akibat peristiwa kebakaran saja, tetapi dapat diperluas dengan jaminan tambahan atas risiko selain kebakaran. Pemberian ganti rugi dalam bentuk pembayaran uang tunai, perbaikan kerusakan, penggantian kerusakan dan membangun kembali merupakan bentuk tanggung jawab atau kewajiban dari penanggung, sebagai konsekuensi dari adanya perjanjian asuransi yang dibuat antara penanggung dengan tertanggung. Pembayaran ganti rugi harus berdasarkan asas indemnitas (keseimbangan), ganti rugi yang diberikan oleh penanggung harus dapat mengembalikan tertanggung kepada posisinya semula seperti sebelum menderita kerugian. Penanggung dapat dibebaskan dari tanggung jawab atau kewajibannya untuk membayar ganti rugi apabila tidak ada itikad baik dari tertanggung maupun tertanggung tidak melaksanakan kewajibannya sesuai ketentuan dalam polis pertanggungan. Untuk mengetahui penyelesaian klaim sebagai bentuk tanggung jawab dari penanggung, maka dalam penulisan ini diambil 4 (empat) contoh penyelesaian klaim asuransi kebakaran pada Asuransi Jasindo Cabang Surabaya Ritel antara lain 2 (dua) contoh dari klaim yang diterima dan 2 (dua) contoh dari klaim yang ditolak.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 124 / 11 Ari t
Uncontrolled Keywords: Asuransi Kebakaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9651-9899 Fire insurance
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1241-1287 Insurance
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NOVA ARIFIN, 030942141 NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL. Budi Kagramanto, Prof.,Dr.,S.H.,M.H.,M.MUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 30 Jun 2016 00:26
Last Modified: 30 Jun 2016 00:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item