SERTIPIKASI MASSAL SWADAYA (SMS) DALAM MEMPEROLEH JAMINAN KEPASTIAN HUKUM TERHADAP HAK ATAS TANAH DI KABUPATEN JEMBER PROPINSI JAWA TIMUR

EVA KUMALASARI, 030810176N (2010) SERTIPIKASI MASSAL SWADAYA (SMS) DALAM MEMPEROLEH JAMINAN KEPASTIAN HUKUM TERHADAP HAK ATAS TANAH DI KABUPATEN JEMBER PROPINSI JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2011-kumalasari-14657-tmk149-k.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2011-kumalasari-12246-tmk149-0.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

aminan kepastian hukum hak atas tanah di Indonesia terutama di propinsi Jawa Timur belum sepenuhnya terwujud. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sosialisasi akan pentingnya pendaftaran tanah dan biaya ekonomi tinggi yang dianggap cukup memberatkan bagi masyarakat ekonomi lemah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dikeluarkan suatu kebijakan dari pemerintah dengan melakukan suatu kegiatan dibidang pendaftaran tanah yang dapat memberikan kepastian hukum terhadap hak atas tanah yang belum didaftar dengan biaya yang dianggap sesuai dengan asas terjangkau sehingga tidak lagi memberatkan masyarakat ekonomi lemah. Kegiatan pendaftaran dimaksud adalah kegiatan Sertipikasi Massal Swadaya (SMS) yang bertujuan meningkatkan pelayanan pendaftaran tanah melalui percepatan pendaftaran tanah sekaligus dalam rangka membantu masyarakat golongan ekonomi lemah dalam memperoleh kepastian hukum hak atas tanah. Dalam tesis ini, penulis ingin mengkaji serta menganalisis apakah pelaksanaan SMS termasuk dalam pendaftaran tanah sistematik atau sporadik serta apakah pelaksanaan SMS di Kabupaten Jember telah sesuai dengan prosedur atau ketentuan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 149 / 10 Kum s
Uncontrolled Keywords: Jaminan Kepastian Hukum;Hak Atas Tanah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD101-1395.5 Land use Land tenure
K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
EVA KUMALASARI, 030810176NUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Sekarmadji, S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 24 Oct 2016 18:44
Last Modified: 24 Oct 2016 18:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38387
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item