Perlawanan atas Rasisme dalam Novel The Adventures of Huckleberry Finn Karya Mark Twain dan Novel To Kill A Mockingbird Karya Harper Lee

SUFI IKRIMA SAADAH, 121141020 (2013) Perlawanan atas Rasisme dalam Novel The Adventures of Huckleberry Finn Karya Mark Twain dan Novel To Kill A Mockingbird Karya Harper Lee. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2013-saadahsufi-28682-9.abstr-k.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2013-saadahsufi-28682-FULLk.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian atas novel The Adventures of Huckleberry Finn karya Mark Twain dan novel To Kill A Mockingbird karya Harper Lee bertujuan mengungkap dan membandingkan bagaimanakah dan sejauh manakah rasisme dan perlawanan atas rasisme digambarkan dalam kedua novel tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis sosiologi sastra dalam kerangka pemikiran African-American criticism. Fokus analisis adalah mengenai rasisme yang dialami oleh bangsa kulit hitam di Amerika dengan memanfaatkan konsep ideologi rasis, prasangka rasial, dan diskriminasi rasial yang dikembangkan Taguieff dari konsep interracial relations milik Banton. Selain itu, penelitian ini juga menfokuskan diri pada perlawanan terhadap praktik rasisme yang dimunculkan oleh beberapa tokoh kulit hitam dalam novel dengan dibantu konsep perlawanan menurut Elias Canetti dan konsep ‘slantwise’ yang dimunculkan oleh Campbell dan Heyman serta konsep Afrikanisme Morrison. Sebagai sebuah penelitian kualitatif berbentuk kajian pustaka, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yang dilakukan melalui pembacaan secara seksama dan mendalam, perbandingan, analisis, dan interpretasi terhadap data mengenai rasisme dan perlawanan terhadap rasisme. Temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah perbedaan masa tidak menjadikan ideologi white supremacy padam atau menghilang melainkan hanya merubah bentuk rasisme yang dimunculkan. Sementara itu, perlawanan yang mungkin bisa dilakukan oleh tokoh kulit hitam dalam novel adalah perlawanan yang halus dan tak kasat mata dengan menjadi sosok kulit hitam yang bisa diterima oleh kalangan kulit putih (acceptable black) dan dengan memunculkan afeksi pada pihak kulit putih terdekat. Tujuan memunculkan kedua bentuk strategi tersebut adalah untuk memenangkan keberpihakan kulit putih dan menanamkan nilai-nilai kesetaraan dan toleransi sehingga tujuan perlawanan tercapai.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB. 10/13 Saa p
Uncontrolled Keywords: racism, resistance, African-American criticism
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600-3307 Drama
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN80-99 Criticism
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Kajian Sastra dan Budaya
Creators:
CreatorsNIM
SUFI IKRIMA SAADAH, 121141020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Wulan, Dra.,MA.,PhDUNSPECIFIED
Thesis advisorDiah Ariani Arimbi, PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 11 Jun 2017 18:51
Last Modified: 11 Jun 2017 18:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38416
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item