INTERNASIONALISASI YUAN DAN KEBANGKITAN EKONOMI CHINA

M EDY SENTOSA JAYAKARYA, 071045014 (2013) INTERNASIONALISASI YUAN DAN KEBANGKITAN EKONOMI CHINA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-jayakaryam-30510-11.abst-k.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-jayakaryam-30510-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai internasionalisasi mata uang yuan yang dikaitkan dengan kebangkitan ekonomi China. Adapun fokus peneli-tian ini adalah sejauhmana internasionalisasi mata uang berpengaruh terhadap kebangkitan ekonomi? Pertanyaan ini muncul terkait dengan preseden internasio-nalisasi mata uang dalam sistem moneter internasional telah berdampak pada deklinasi kebangkitan ekonomi suatu negara. Namun, kasus China sebaliknya, dimana internasionalisasi mata uang membuat kebangkitan ekonominya semakin ekstensif lagi. Kasus China telah menjadi preseden baru mengenai internasiona-lisasi mata uang dalam kajian ekonomi politik internasional dan merupakan anomali teori konvensional Barat. Selama ini, kajian mengenai internasionalisasi mata uang dalam studi ekonomi politik internasional selalu menggunakan pende-katan mainstream yaitu liberalisasi melalui mekanisme pasar yang didasarkan pada pengalaman dunia pertama. Tapi China masih menilai arti penting peran negara, bukan mekanisme pasar, untuk hadir dalam upaya internasionalisasi mata uangnya. Oleh karena itu, China mengambil langkah internasionalisasinya dengan kebijakan yang prudent, yaitu melalui tahapan gradual dan kepentingan China untuk menjaga pertumbuhan ekonominya. Melalui serangkaian analisis terhadap data-data empiris yang ada, dapat ditegaskan bahwa internasionalisasi mata uang dapat menopang kebangkitan ekonomi suatu negara semakin ekstensif lagi jika dimensi internasionalisasi semakin luas dan melibatkan peran aktif negara sebagai an active global actor. Jika dimensi yang semakin luas tersebut tidak diiringi dengan peran aktif negara maka akan terjadi distorsi pasar yang berdampak pada instabilitas ekonomi nasional sehingga kebangkitan ekonomi yang tengah dicapainya semakin menurun bahkan mengalami deklinasi. Inilah yang kemudian disebut, dalam penelitian ini, sebagai China’s version to internationalization of currency.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK - 2 THI. 01/14 Jay i
Uncontrolled Keywords: Internasionalisasi mata uang versi China, peran negara, kebangkitan ekonomi.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > DS701-799.9 China
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG201-1496 Money > HG381-395 International coinage
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3820-3836 Economic constitution, policy, planning, and development
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
M EDY SENTOSA JAYAKARYA, 071045014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVinsensio Dugis, Drs., MA., Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorJoko Susanto, S.IP., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 01 Sep 2016 03:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item