PERBANDINGAN EFEKTIFITAS TERAPI HIGH TENS DAN LOW TENS DALAM MENURUNKAN NYERI PADA PENDERITA DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH MEKANIK KRONIK

Mohammad Didik Fibriyanto (2014) PERBANDINGAN EFEKTIFITAS TERAPI HIGH TENS DAN LOW TENS DALAM MENURUNKAN NYERI PADA PENDERITA DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH MEKANIK KRONIK. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-fibriyanto-32140-6.abstr-k.pdf

Download (95kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-fibriyanto-32140-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nyeri punggung bawah merupakan keluhan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Data di bagian Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Dr. Soetomo, penderita nyeri punggung bawah menempati urutan pertama diantara sindroma nyeri yang datang berobat. Terapi Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS) merupakan salah satu bentuk terapi yang dapat digunakan dalam penatalaksanaan nyeri punggung bawah. Namun masih terdapat kontroversi mengenai metode pemberian high TENS dan low TENS terhadap perbaikan nyeri punggung bawah mekanik kronik. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan efektifitas high TENS dan low TENS dalam menurunkan nyeri pada penderita dengan nyeri punggung bawah mekanik kronik. Metode : Penelitian ini berdisain experimental randomized control trial yang dilakukan pada 44 subyek penelitian (22 di kelompok high TENS dan 22 di kelompok low TENS), yang diberikan terapi sebanyak 5 sesi selama 20 menit dengan interval sesi terapi 2-3 hari dalam 2 minggu. Parameter pengukuran digunakan Visual Analog Scale (VAS). Penelitian ini mendapat persetujuan laik etik dari Komite Etik Penelitian Kesehatan RSUD Dr. Soetomo. Hasil : Terdapat penurunan yang signifikan pada kedua kelompok (p < 0,0001) setelah pemberian terapi sebanyak 5 sesi, namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p = 0,553). Terjadi penurunan nilai VAS pra terapi pada kedua kelompok dan VAS post terapi pada kedua kelompok. Kesimpulan : Pemberian terapi high TENS dan low TENS memiliki efektifitas yang sama dalam menurunkan nyeri pada penderita dengan nyeri punggung bawah mekanik kronik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKA KK PPDS. IFR 02/14 Fib p
Uncontrolled Keywords: Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), mechanical low back pain, chronic pain.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Mohammad Didik FibriyantoUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFatchur Rochman, dr., Sp.KFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorPatricia Maria K, dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 25 Aug 2016 10:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38727
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item