PRINSIP TANGGUNG GUGAT PRODUK DALAM PROSES PEMBUKTIAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BPSK (BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN)

KUKUH WIBOWO, 031141026 (2014) PRINSIP TANGGUNG GUGAT PRODUK DALAM PROSES PEMBUKTIAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN MELALUI BPSK (BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-wibowokuku-32449-4.abstr-k.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-wibowokuku-32449-full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul prinsip tanggung gugat produk dalam proses pembuktian penyelesaian sengketa konsumen melalui BPSK (Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen) ini termasuk penelitian yuridis normatif, dengan metode statute approach, conceptual approach dan case approach. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah kriteria suatu produk dinyatakan cacat apabila produk tersebut tidak memenuhi tujuan pembuatannya baik karena kesengajaan maupun kealpaan dari pelaku usaha (Producent).Adanya unsur kesalahan ataupun kelalaian manakala pelaku usaha yang digugat gagal menunjukan bahwa ia cukup berhati-hati dalam membuat, mengawasi, memperbaiki, memasang label atau mendistribusikan suatu barang. Penerapan prinsip tanggung gugat kesalahan (Schuld Aansprakelijkheid) karena adanya perbuatan melawan hukum. Proses pembuktian tanggung gugat produk melalui BPSK belum memenuhi harapan dari masyarakat karena kasus pelanggaran hak konsumen yang diselesaikan oleh BPSK dalam kategori relatif kecil, meskipun pada prinsipnya BPSK dalam menerapkan sistem beban pembuktian didasarkan atas Pasal 28 UUPK dimana banyak kasus sengketa konsumen dalam KUH Perdata tidak dapat diselesaikan melalui BPSK khususnya tentang Tanggung gugat Resiko (Risico Aansprakelijkheid), namun karena sengketa konsumen nilainya dalam praktik sangat kecil dalam bentuk kerugiannya, sehingga yang digunakan dalam pembuktian didasarkan atas itikad baik dari pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH. 36/14 Wib p
Uncontrolled Keywords: Liability, Consumer disputes, Burden of proof
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8073-8079.35 Investigation of crimes. Examination and identification of prisoners
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
KUKUH WIBOWO, 031141026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Handajani, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 26 Aug 2016 03:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38756
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item