BIDAN YANG MENJALANKAN FUNGSI DI LUAR KEWENANGAN SEHINGGA MERUGIKAN PASIEN

MUHAMMAD ARIEF BUDIMAN, 031214153081 (2014) BIDAN YANG MENJALANKAN FUNGSI DI LUAR KEWENANGAN SEHINGGA MERUGIKAN PASIEN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-budimanmuh-33783-3.abstr-k.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-budimanmuh-33783-1.fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada BIDAN YANG MENJALANKAN FUNGSI DI LUAR KEWENANGAN SEHINGGA MERUGIKAN PASIEN,dengan mengajukan permasalahan implikasi bidan yang menjalankan profesi di luar wewenang dan tanggung jawab bidan yang menjalankan profesi di luar wewenangnya Penelitian hukum ini menggunakan pendekatan peraturan perundangundangan(statute approach), conseptual approach dan pendekatan kasus (case approach). Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa implikasi bidan yang menjalankan profesi di luar wewenang, bahwa bidan mempunyai kewenangan untuk menangani persalinan ibu dan anak yang dilahirkannya dan dalam hal suatu daerah belum ada dokter dalam darurat untuk penyelamatan nyawa seseorang/pasien dan tidak ada dokter di tempat kejadian, bidan dapat melakukan pelayanan kesehatan di luar kewenangan. Bagi bidan yang menjalankan praktik didaerah yang tidak memiliki dokter, dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah dapat melakukan pelayanan kesehatan di luar kewenangan. Daerah yang tidak memiliki dokter adalah kecamatan atau kelurahan/desa yang ditetapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Dalam hal daearah telah terdapat dokter, kewenangan bidan tidak berlaku. Implikasi bidan yang menjalankan profesi di luar wewenang maka dapat dimintakan pertanggungjawaban dari segi hukum. Tanggung jawab bidan yang menjalankan profesi di luar wewenangnya dapat dimintakan pertanggungjawaban dari segi hukum pidana atas kelalaiannya mengakibatkan matinya orang sebagaimana pasal 359, pasal 36 KUHP, dari segi perdata dapat digugat ganti kerugian sebagaimana pasal; 1367 B.W., dan pencabutan izin praktik dari segi hukum administrasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THD 08/14 Bud b
Uncontrolled Keywords: Nurs, exceeded the authority, responsibility
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1725 Ethics of Social Groups, Classes, etc., Professional Ethics
R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD ARIEF BUDIMAN, 031214153081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAstutik, S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 04 Aug 2016 03:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38901
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item