RANCANGAN BALANCED SCORECARD DALAM PENCAPAIAN SASARAN STRATEGIK PADA PT. X (PERUSAHAAN MANUFAKTUR BATA RINGAN)

NATALIA WIJAYA, 041214253043 (2014) RANCANGAN BALANCED SCORECARD DALAM PENCAPAIAN SASARAN STRATEGIK PADA PT. X (PERUSAHAAN MANUFAKTUR BATA RINGAN). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2014-wijayanata-33824-7.abstr-k.pdf

Download (580kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2014-wijayanata-33824-1.fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk merancang pengukuran kinerja dengan menggunakan balanced scorecard pada PT X. Penelitian ini mengambil studi pada PT X yang dilatarbelakangi oleh PT X lebih berfokus pada perspektif keuangan yaitu pengelolaan segi keuangan saja karena itu dapat dikatakan belum adanya link antara strategic objective dalam cause and effect relationship dengan perspektif non-keuangan. Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menolong perusahaan sebagai bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini menggunakan metode eksplorasi kualitatif untuk merancang Balanced Scorecard PT X. Berdasarkan hasil analisis PT X memiliki visi, misi, dan strategi yang bergerak dibidang manufaktur bata ringan sehingga dari sini dapat diterjemahkan dan dijabarkan dalam rancangan balanced scorecard. Dalam perspektif keuangan PT X didorong dengan sasaran strategis berupa peningkatan pendapatan dan efisiensi biaya. Pada perspektif pelanggan sasaran strategisnya adalah peningkatan kualitas produk dan layanan pelanggan serta reputasi dan image perusahaan. Pada perspektif internal adalah perencanaan produksi, kemitraan dengan pemasok, kapasitas pasar dan pelayanan pelanggan. Pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan implementasi nilai-nilai perusahaan, pengembangan SDM, dan pengembangan sistem informasi yang terintegrasi merupakan sasaran strategisnya. Rancangan balanced scorecard ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengimplementasikannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2. TEA. 30-14 Wij r
Uncontrolled Keywords: Balanced Scorecard, Manufacture, financial perspective, customer perspective, internal business perspective, learning and growth perspective
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NATALIA WIJAYA, 041214253043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndry Irwanto, Dr., S.E., MBA., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 03 Aug 2016 08:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/38924
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item