PENERAPAN UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU SURUT (RETROAKTIF) PADA NEGARA DALAM KEADAAN DARURAT

ZULKIFLY, 031141099 (2013) PENERAPAN UNDANG-UNDANG YANG BERLAKU SURUT (RETROAKTIF) PADA NEGARA DALAM KEADAAN DARURAT. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2015-zulkifly-36952-4.abstr-k.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder59(1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam suatu negara hukum merupakan suatu kewajiban dan bersifat mutlak untuk memiliki suatu aturan dalam bentuk perundang-undangan guna mengatur sendi-sendi kehidupan masyarakat yang berada didalamnya termasuk negara berada dalam situasi darurat sehingga mampu melindungi hak asasi manusia setiap warga negaranya dalm keadaan darurat. Terkadang situasi yang terjadi belum diatur dalam bentuk perundang-undangan sehingga mengasilkan suatu perundang-undangan yang bersifat retroaktif, hal tersebut jelas bertentangan dengan hak asasi manusia dimana seseorang akan dituntut oleh suatu perundangundangan yang diberlakukan setelah ia melakukan suatu perbuatan hukum sehingga terjadi Abuse of Power. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implikasi situasi negara darurat dalam pembentukan dan pemberlakuan aturan hukum dan menganalisis penerapan undang-undang yang bersifat retroaktif pada negara dalam situasi darurat. Dari hasil penelitian dan analisis Statue Approach dan Conseptual Approach, menunjukan mengenai pengaturan keadaan darurat di indonesia, ketentuan-ketentuan konstutisional keadaan darurat di indonesia dan mengenai penerapan asas retroaktif terhadap negara dalam situasi darurat, penerapan asas retroaktif dari sisi hukum dapat dipahami sepanjang diberlakukan secara terbatas baik waktu maupun wilayahnya, kasus pelanggaran HAM yang terjadi pada saat situasi negara darurat dan belum diatur dalam perundang-undangan akan diperiksa dan diputs oleh pengadilan HAM Ad Hoc atas usul DPR dan persetujuan Presiden selaku kepala negara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TH 16/15 Zul p
Uncontrolled Keywords: Retroactive Principles, State of Emergency, Human Rights
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum
Creators:
CreatorsNIM
ZULKIFLY, 031141099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRadian Salman, S.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 01 Oct 2016 08:07
Last Modified: 01 Oct 2016 08:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39483
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item