TERAPI LATIHAN PADA ANKYLOSING SPONDYLITIS

Birgita Dita Priyantono, NIM011310213011 (2016) TERAPI LATIHAN PADA ANKYLOSING SPONDYLITIS. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
246. 39911-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (976kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ankylosing spondylitis adalah penyakit immune-inflamatory kronik yang mempengaruhi axial skeleton dan suatu waktu bisa mengenai sendi perifer. Perubahan patologi terjadi pada synovial, sendi tulang rawan, tendon dan ligament. Ankylosing spondylitis merupakan penyakit yang kompleks dan prototip dari spondyloarthritis serta salah satu penyakit rematik umum. Ankylosing spondylitis umumnya hadir pada sekitar umur 26 tahun, laki- laki lebih sering terkena dibandingkan wanita dengan perbandingan 2: 1. Penyebab dari ankylosing spondylitis belum diketahui dengan jelas, tetapi tampaknya sepenuhnya karena genetik dan sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini diperantai oleh sistem imun, di buktikan dengan adanya peningkatan IgA dan berhubungan dengan HLA B27. Gejala awal dari ankylosing spondylitis adalah timbulnya nyeri yang bersifat insidious ( diam- diam) dalam onsetnya. Umumnya nyeri terasa dalam pada gluteus dan atau regio lumbal bawah dan disertai kekakuan pada pagi hari di daerah yang sama dan berlangsung selama beberapa jam, bertambah baik jika beraktivitas, dan akan kembali jika beraktivitas. Gejala utama ankylosing spondylitis adalah sakroilitis. Komplikasi yang paling serius ditemui pada ankylosing spondylitis adalah fraktur tulang belakang. Terapi latihan adalah salah satu modalitas fisioterapi dengan menggunakan gerak tubuh baik secara aktif maupun pasif untuk pemeliharaan dan perbaikan kekuatan. Terapi latihan ini sangat cocok untuk mencegah adanya deformitas dan gangguan ekspansi rongga dada serta gangguan lainnya. Selain itu terapi latihan pada ankylosing spondylitis digunakan untuk meningkatkan fungsi termasuk transfer dan ambulasi, meningkatkan kinerja otot, meningkatkan fleksibilitas struktur jaringan, meningkatkan kebugaran, dan menjaga gerakan potensi maksimal pasien. Terapi latihan yang digunakan untuk ankylosing spondylitis antara lain latihan pernapasan, stretching dan neck cailliet.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.15/16 Pri t
Uncontrolled Keywords: Ankylosing Spondylitis, Stretching, Neck Cailliet
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
Birgita Dita Priyantono, NIM011310213011NIM011310213011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Subadi, Dr., dr., Sp. KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorNeny Erlawati, S.St.Ft,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 05:36
Last Modified: 15 Jun 2017 18:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39911
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item