MOTOR RELEARNING PROGRAM PADA STROKE INFARK

ROSIDA INDRASARI, NIM011310213002 (2016) MOTOR RELEARNING PROGRAM PADA STROKE INFARK. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text (FULLTEXT)
256. 39921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut WHO, stroke adalah ganggguan fungsional otak fokal maupun global secara mendadak dan akut yang berlangsung lebih dari 24 jam akibat gangguan aliran darah otak. Stroke merupakan penyebab kematian ketiga tersering di negara maju setelah penyakit jantung dan kanker. Jumlah penderita stroke di Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara terbanyak yang mengalami stroke di seluruh Asia. Angka kejadian prevalensi stoke akan meningkat seiring dengan meningkatnya usia. Data nasional Indonesia menunjukan bahwa stroke merupakan penyebab kematian tertinggi, yaitu 15,4%, dengan angka kejadian sekitar 750.000 insiden stroke per tahun di Indonesia. Masalah-masalah yang dapat timbul pasca serangan stroke sangat komplek dan beragam bagi kehidupan manusia. Seperti gangguan fungsi vital otak, gangguan fungsi motorik, gangguan koordinasi, gangguan keseimbangan, gangguan kontrol postur, gangguan sensasi dan gangguan refleks gerak yang akan menurunkan kemampuan aktivitas fungsional individu sehari-hari. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menangani masalah masalah diatas adalah motor relearning program. Motor relearning program merupakan metode untuk melatih kembali kontrol motorik berdasarkan pemahaman kinematik dan kinetik gerakan normal, kontrol gerakan dan latihan motorik. Latihan ini harus diberikan sedini mungkin karena latihan motorik sedini mungkin akan meningkatkan kapasitas pembelajaran adaptasi otak sehingga dapat meminimalkan keterbatasan fungsional untuk melakukan aktivitas sehari – hari.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKA KK FV.FST.24/16 Ind m
Uncontrolled Keywords: MOTOR RELEARNING; STROKE INFARK
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0321 Neuroscience. Biological psychiatry. Neuropsychiatry
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM182-190 Other therapeutic procedures Including acupuncture, pneumatic aspiration, spinal puncture, pericardial puncture
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
ROSIDA INDRASARI, NIM011310213002NIM011310213002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMeisy Andriana, dr. SpKFR-KUNSPECIFIED
Thesis advisorBambang Budi, S., SST. Ft.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:10
Last Modified: 18 Jun 2017 16:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item