PROMOSI OBJEK WISATA SEJARAH DI GRESIK (Studi Deskriptif Tentang Upaya Promosi Objek Daya Tarik Wisata Kampung Kemasan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Gresik)

ALIFA ZAHRONITA KIRANA, 071310213009 (2016) PROMOSI OBJEK WISATA SEJARAH DI GRESIK (Studi Deskriptif Tentang Upaya Promosi Objek Daya Tarik Wisata Kampung Kemasan oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga Gresik). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
287. 39976-ilovepdf-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertempat di Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik yang berada di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo no 127 Gresik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media promosi apa saja yang digunakan oleh Dinas Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik untuk mempromosikan obyek daya tarik wisata Kampung Kemasan dan juga untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dalam mempromosikan obyek daya tarik wisata Kampung Kemasan. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah penelitian yang bertipe deskriptif yang maksudnya adalah mengumpulkan data berupa kata – kata dan gambar, data tersebut berasal dari wawancara, catatan lapangan, dan foto. Adapun analisa data kualitatif sengaja dipilih karena menghasilkan uraian dan kutipan yang kaya dengan perumpamaan atau perbandingan dan dapat memberikan pengertian kepada pembaca tentang gambaran situasi atau seseorang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan penggunaan bahan dokumen. Beberapa informan seperti pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik sengaja dipilih untuk memberikan penjelasan mengenai penggunaan media promosi sehingga menarik wisatawan untuk datang ke Kampung Kemasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media atau alat promosi ini adalah media cetak, media sosial dan special events. Adanya suatu alasan tertentu yang menjadikan media promosi tersebut dipilih oleh pihak Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Oahraga Gresik untuk mempromosikan Kampung Kemasan. Dengan berbagai kendala yang dihadapi seperti Sumber Daya Manusia yang kurang,dan kendala yang utama ialah permasalahan anggaran yang tidak maksimal. Tetapi pihak dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gresik tetap berusaha menanganinya dengan professional, agar dapat tetap maksimal dalam mempromosikan destinasi wisata meskipun adanya kendala yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.24/16 Kir p
Uncontrolled Keywords: Promosi Objek Daya Tarik Wisata; Dinas Kebudayaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ALIFA ZAHRONITA KIRANA, 071310213009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 29 Jul 2016 01:39
Last Modified: 18 Jun 2017 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/39976
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item