ANALISIS POSTUR KERJA DAN KELUHAN MUSKOLOSKELETAL PADA PEKERJA INSTALASI FARMASI DI RSUD KOTA MADIUN

KUN ISTIGHFANIAR H, 100710197 (2016) ANALISIS POSTUR KERJA DAN KELUHAN MUSKOLOSKELETAL PADA PEKERJA INSTALASI FARMASI DI RSUD KOTA MADIUN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FKM 124-16 Kun a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gangguan sistem muskoloskeletal merupakan penyebab utama ketidak hadiran pekerja. Gangguan muskoloskeletal membuat sistem kesehatan masyarakat kehilangan biaya yang cukup besar. Sekitar setengah dari total kasus - kasus penyakit akibat kerja berdasarkan The Labour Force Survey (LFS) U.K adalah musculoskeletal disorders. Sebagian besar kasus terjadi pada pekerja konstruksi, pengiriman barang dan bagian pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengindentifikasi postur kerja, keluhan musculoskeletal dan faktor individu pada pekerja Instalasi Farmasi RSUD Kota Madiun Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental yaitu penelitian observasional deskriptif. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, pengukuran IMT, wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang didapatkan kemudian diolah dan data yang telah diiolah selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif deep interview. Hasil penelitian menjukan identifikasi postur kerja pada pekerja Instalasi Farmasi Kota Madiun dengan metode REBA didapatkan 25% dengan skor REBA 4-7 (resiko sedang), dengan metode RULA didapatkan 25% dengan skor RULA 1-2( postur wajar), 37,5% dengan skor RULA 3-4 (resiko sedang), dan 12,5% dengan skor RULA 5-6 (resiko tinggi). Identifikasi keluhan muskoloskeletal paling banyak pada bagian pinggang (87,5 %)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.124/16 Kun a
Uncontrolled Keywords: Muscoloskeletal disorders, postur kerja, instalasi farmasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
KUN ISTIGHFANIAR H, 100710197UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisormULYONO, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:18
Last Modified: 29 Jul 2016 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item