PENGARUH KONSUMSI UDANG BERKLORIN TERHADAP KELUHAN KESEHATAN DAN KADAR LEUKOSIT DALAM DARAH PEKERJA PERUSAHAAN X

SHOFIYATUR ROHMAH, 101211133066 (2016) PENGARUH KONSUMSI UDANG BERKLORIN TERHADAP KELUHAN KESEHATAN DAN KADAR LEUKOSIT DALAM DARAH PEKERJA PERUSAHAAN X. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKM.163-16 Roh p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan klorin dalam bidang industri untuk mencapai efisiensi dan efektifitas produksi semakin meningkat. Jenis klorin yang paling sering digunakan yakni natrium hipoklorit yang digunakan dalam berbagai jenis industri termasuk dalam industri pangan. Natrium hipoklorit bukan termasuk kedalam salah satu jenis bahan tambahan pangan yang diizinkan karena dapat menimbulkan efek baik jangka pendek maupun jangka panjang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsumsi udang berklorin terhadap keluhan kesehatan dan kadar leukosit dalam darah. Penelitian ini dilaksanakan dengan dengan rancangan cross sectional dengan jenis penelitian analitik. Pemberian kuesioner dan pemeriksaan kadar leukosit dilakukan kepada 18 pekerja Perusahaan X. Kriteria inklusi penelitian pekerja Perusahaan X yang menjadi konsumen udang pada inlet kondensor. Variabel bebas penelitian adalah kadar klorin dalam udang sedangkan variabel terikat yaitu keluhan kesehatan dan kadar leukosit dalam darah. Residu tertinggi klorin dalam udang dari inlet kondensor sebesar 1,5 ppm sedangkan residu terendah <0,5 ppm. Besar resiko atau pengaruh konsumsi udang berklorin terhadap keluhan kesehatan dengan melihat nilai risk estimate dalam analisis Chi-Square memiliki resiko sebesar 0,087 kali dari sebelumnya. Sedangkan besar resiko atau pengaruh konsumsi udang berklorin terhadap kadar leukosit dalam darah memiliki resiko sebesar 0,063 kali dari sebelumnya. Kesimpulan yang dapat ditarik yakni udang dari inlet kondensor positif mengandung klorin. Pekerja yang mengkonsumsi udang memiliki resiko sebesar 0,087 kali mengalami keluhan kesehatan dan beresiko sebesar 0,063 kali terhadap kadar leukosit dalam darah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.163/16 Roh p
Uncontrolled Keywords: udang berklorin, keluhan kesehatan, dan kadar leukosit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SHOFIYATUR ROHMAH, 101211133066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilis Sulistyorini, Dr., Ir., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 03 Aug 2016 07:12
Last Modified: 03 Aug 2016 07:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40060
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item