Anestesiologi pediatri, tantangan bagi sumber daya manusia kesehatan dalam era globalisasi

Herlien H Megawe, Prof.Dr (1995) Anestesiologi pediatri, tantangan bagi sumber daya manusia kesehatan dalam era globalisasi. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-clipp-2011-megaweherl-20351-pg5710-k.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
428. 40256-ilovepdf-compressed.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lebih dahulu perkenankan saya untuk memberikan penjelasan tentang istilah Anestesiologi (= ilmu anestesi). Anestesiologi adalah nama internasional yang sudah baku dan terdiri dari unsur-unsur Anestesi dan Reanimasi (Resusitasi). Resusitasi berasal dari bahasa Latin .= Resusitare yang berarti to arouse again yang bila disalin bebas ke dalam bahasa Indonesia ialah: bangun kembali atau pulih radar. Sedangkan anestesi terdiri dari tiga unsur, yaitu: I. Hipnosis : keadaan tidur yang dalam; 2. Analgesia : keadaan tidak merasakan nyeri; 3. Relaksasi : keadaan lemas sampai lumpuh. Jadi nama Instalasi Anestesi dan Reanimasi dari bagian kami di RS Pendidikan ini, bukan suatu kebanggaan atau ke-mercu-suar-an dari suatu disiplin ilmu, tetapi suatu pengakuan wajar terhadap tugas kami yang paling hakiki yaitu: Resusitasi dan stabilisasi, bila laik baru dilaksanakan anestesi untuk sesuatu tindakan definitip yang berupa pembedahan dan lain-lain. Jadi sebetulnya tugas utama kami ialah membangunkan kembali sebagai manusia seutuhnya karena setiap orang dapat saja melaksanakan hipnosis, analgesis dan relaksasi tersebut. Mengapa disebut Instalasi, karena bagian kami menunjang lain-lain bagian dari segi perangkat otak, perangkat lunak dan perangkat keras.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 57/10 Meg a
Uncontrolled Keywords: ANESTESI
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RJ Pediatrics
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Herlien H Megawe, Prof.DrUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 28 Sep 2016 00:47
Last Modified: 20 Jun 2017 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40256
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item