Aspek penyakit saluran cerna kronik pada usia anak dan masalah pendekatan kliniknya

Pitono Soeparto (1991) Aspek penyakit saluran cerna kronik pada usia anak dan masalah pendekatan kliniknya. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2011-soepartopi-20756-pg7311-k.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
431. 40262-ilovepdf-compressed.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kendati kemajuan yang sedemikian pesat dibidang kesehatan, kualitas hidup anak di Indonesia masih dirasakan memprihatinkan. Di lain fihak, industrialisasi sebagai salah satu sektor dalam rencana pengembangan ekonomi akan pula memberikan dampak pada ekologi perkembangan pertumbuhan anak di Indonesia. Hal ini ditambah pula dengan perkembangan rains dan teknologi yang sedemikian pesat yang tidak mustahil akan pula mempengaruhi pola kehidupan masyarakat sebagai suatu proses modemisasi. Dampak pola ekologi perkembangan anak ini disertai pula dengan kenyataan bahwa setelah keberhasilan kita menanggulangi penyakit yang bersifat akut muncul permasalahan baru yang menyangkut penyakit yang bersifat kronis yang justru lebih sering mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak. Diare pada bayi merupakan kejadian yang mempunyai pola unik yang berbeda dengan orang dewasa, bila tidak ditangani dengan baik akan condong menjadi persisten dan menimbulkan komplikasi. Terdapat lingkaran kejadian yang sating terkait. Mukosa usus pada bayi lebih peka terhadap rangsangan dan atau kerusakan serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih kembali. Bila lingkaran kejadian ini berjalan terus maka penderita akan menjurus ke keadaan malnutrisi dan kematian (Lebenthal 1984)

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 73/10 Soe a
Uncontrolled Keywords: penyakit saluran cerna
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC799-869 Diseases of the digestive system. Gastroenterology
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: Pidato Guru Besar
01. Fakultas Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Pitono SoepartoUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 27 Sep 2016 08:03
Last Modified: 20 Jun 2017 16:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item