PENDIDIKAN :DASAR PEMBENTUKAN DOKTER SPESIALIS BEDAH YANG KOMPETEN DAN BERKARAKTER MENGHADAPI DIBERLAKUKANNYA UNDANG - UNDANG KEDOKTERAN DI ERA MILLENNIUM KETIGA.

Paul L. Tahalele (2002) PENDIDIKAN :DASAR PEMBENTUKAN DOKTER SPESIALIS BEDAH YANG KOMPETEN DAN BERKARAKTER MENGHADAPI DIBERLAKUKANNYA UNDANG - UNDANG KEDOKTERAN DI ERA MILLENNIUM KETIGA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-grey-2009-tahalelepa-10761-abstract-e.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL 1-15)
HAL 1-15.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL 16-40)
HAL 16-40.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (HAL 41-55)
HAL 41-55.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Profesi pembedahan telah dikenal sejak waktu yang lama, yaitu pada era Hippocrates, 460 sM. Di jaman Yunani Kuno para dokter dilatih di sekolah Cnidian dalam melakukan pembedahan serta mengikuti pelajaran dari maha guru Hippocrates (Whipple, 1956). Ilmu Bedah atau surgery berasal dari kata Greek chirourgia, merupakan gabungan 2 buah kata cheir berarti tangan dan ergon berarti bekerja. Pengertian umum profesi dokter spesialis bedah (DSp.B) adalah dokter yang bekerja menyembuhkan penyakit penderita dengan menggunakan ketrampilan tangan (Nakayama, 1993a). Sejak Hippocrates, rambu-rambu penjagaan mutu pelayanan kesehatan bagi penderita telah dicantumkan dalam sumpah dokter, yaitu Per Primum Non Nocere yang artinya pertama-tama jangan merugikan penderita (op cit Oemijati, dkk., 1987). Pada saat itu pembedahan dilakukan dengan metode yang sangat sederhana dan menggunakan instrument yang sangat primitif, bahkan diserta kekuatan magis, misalnya menghentikan perdarahan dengan besi panas, menurunkan panas badan dengan mantera � mantera disamping ramuan daun dan akar obat � obatan tradisional. Saat ini, 2500 tahun kemudian, metode dan instrumen serta paradigma pembedahan berubah total.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG 98/10 Tah p-6
Uncontrolled Keywords: SURGERY
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
Paul L. TahaleleUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Oct 2016 16:12
Last Modified: 22 Jun 2022 05:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item