SRI MULYATI, M.Kes., drh (2003) PERBAIKAN METODE PEMBELAJARAN MATAKULIAH ILMU KEBIDANAN. UNIVERSITAS AIRLANGGA, -. (Unpublished)
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-mulyatisri-4727-lp0207-k.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-mulyatisri-4727-lp0207-p.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah Ilmu Kebidanan (KHR-461) dengan beban 1 sks dibebankan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan semester VII dengan jumlah mahasiswa sekitar 130 orang/tahun. Mata kuliah yang mensyaratkan sebagai mata kuliah prasyarat (entry behaviour) pada tahun 1998/1999 telah mempunyai diktat sebagai bahan acuan untuk mahasiswa. Kontrak perkuliahan telah disosialisasikan sejak empat tahun yang lalu walaupun belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan konsep pengembangan kemampuan instruksional atau kemampuan mengajar seperti pada program Pendekatan Terapan atau Ancangan Acuan dan Program Pengembangan Ketrampilan Dasar dan Teknik Instruksional. Saat ini metoda pembelajaran untuk mata kuliah llmu Kebidanan dilakukan dengan cara tatap muka dan di evaluasi melalui tentamen I, II, III dan UAS yang sebelumnya didahului dengan kontrak perkuliahan/pedoman perkuliahan, Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Evaluasi mahasiswa (Lampiran 1). Jika diikuti perkembangan hasil perkuliahan di semester VII sampai dengan mahasiswa koasistensi di bagian Reproduksi, maka akan terlihat bahwa mates yang telah disampaikan sebelumnya belum dapat dipahami sepenuhnya oleh mahasiswa. Ada kesan bahwa mata kuliah Ilmu Kebidanan yang dibenkan selama ini hanya dan segi kognitif dengan kategori jenis perilaku pengetahuan dan pemahaman saja yang dapat ditenma oleh mahasiswa (Lampiran 2). Untuk mengatasi kendala diatas, perlu dilakukan terobosan perbaikan metoda pembelajaran diantaranya dengan cara pembuatan buku ajar untuk masing-masing topik perkuliahan, menambahkan penayangan slide/ foto dan pemasangan poster di Laboratorium Kebidanan, serta alat-alat peraga tentang materi Ilmu Kebidanan dan evaluasi terhadap cara mengajar. Tujuan terobosan perbaikan metoda pembelajaran adalah untuk meningkatkan ranah kognitif kedalam katagori jenis perilaku penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi serta merangsang mahasiswa memasuki ranah afektif dan psikomotonk.
Item Type: | Other | ||||
---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK LP.02/07 Mul p | ||||
Uncontrolled Keywords: | VETERINARY OBSTETRICS - STUDY AND TEACHING | ||||
Subjects: | S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine | ||||
Divisions: | 06. Fakultas Kedokteran Hewan Unair Research > Non-Exacta |
||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Tn Fariddio Caesar | ||||
Date Deposited: | 28 Oct 2016 20:56 | ||||
Last Modified: | 28 Oct 2016 20:56 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40366 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |