EFEKTIVITAS INTERVENSI KEPERAWATAN TEHNIK RELAKSASI PROGRESIF NAFAS DALAM DENGAN POSISI ALTERNATIF BERBARING TERHADAP STABILITAS TEKANAN DARAH PADA PASIEN STROKE HAEMORRHAGIK FASE SUB-AKUT DI IRNA MEDIK PENYAKIT SARAF RSU Dr. SOETOMO SURABAYA (PRE POST QUASI EKSPERIMEN)

Harmayetti, S.Kp and Dwi Adji Norontoko, S. Kep.Ns and Nursalam, M.Nurs (Hons) (2008) EFEKTIVITAS INTERVENSI KEPERAWATAN TEHNIK RELAKSASI PROGRESIF NAFAS DALAM DENGAN POSISI ALTERNATIF BERBARING TERHADAP STABILITAS TEKANAN DARAH PADA PASIEN STROKE HAEMORRHAGIK FASE SUB-AKUT DI IRNA MEDIK PENYAKIT SARAF RSU Dr. SOETOMO SURABAYA (PRE POST QUASI EKSPERIMEN). UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-harmayetti-6488-lp0608-t.pdf

Download (385kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-harmayetti-6488-lp0608.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stroke adalah gangguan fungsi otak, fokal (atau global), timbul secara mendadak. Stroke haemorragik terjadi ketika vaskuler cerebral pecah. Ekstravasasi darah ke dalam parenkim cerebral berdampak pada proses desak ruang. Secara bermakna menyebabkan penurunan tingkat perfusi jaringan cerebral dan atau peningkatan tekanan intrakranial. Kondisi tersebut menimbulkan defisit neurologis general atau fokal seperti penurunan tingkat kesadaran, disfungsi hemodinamika. Disfungsi hemodinamika yaitu berupa fluktuasi tekanan darah dan frekuensi jantung. Hal tersebut disebabkan gangguan autoregulasi pada batang otak sekunder kompresi medulla oblongata, distori tekanan pada ventrikel keempat, spasme otot leher dan sternokleidomastoid dan trigger kortisol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas tehknik relaksasi progresif nafas dalam dengan posisi alternatif berbaring terhadap stabilitas tekanan darah pada pasien stroke haemorragik face sub-akin. Metode penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental ; Pre-Post Test Design Kontrol. Variabel independen yaitu tehknik relaksasi progresif nafas dalam dengan posisi alternatif berbaring, dan variabe dependen yaitu tekanan darah. Responden dipilih menggunakan Consecutive Sampling Design. Besar sampel adalah 13 orang. Pengumpulan data menggunakan Rating Question dan Rating Scale. Hasil dari penelitian didapatkan tehknik relaksasi nafas dalam dengan posisi alternatif berbaring efektif terhadap peningkatan relaksasi otot skeletal dengan p = 0.003 (p #8804; 0.01). Tehnik relaksasi progresif nafas dalam dengan posisi alternatif berbaring efektif terhadap stabilitas tekanan darah pasien stroke haemorragik fase sub-akut dengan p = 0.000 (p 0.01). Saran penelitian yang peneliti sampaikan adalah untuk mendapatkan akurasi makna stabilitas tekanan darah maka perlu dilakukan replikasi lebih dari dua kali. Untuk dapat mengadakan generalisasi efektivitas tehknik relaksasi progresif nafas dalam dengan posisi alternatif berbaring terhadap stabilitas tekanan darah pada pasien stroke haemorragik perlu memperbanyak jumlah sampel. Untuk teman sejawat perawat di unit perawatan penyakit saraf hendaknya melakukan intervensi keperawatan tehknik relaksasi progresif nafas dalam dengan posisi alternatif berbaring dengan tujuan menstabilkan tekanan darah pada pasien stroke haemorragik fase sub-akut.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP.06/08 Har e
Uncontrolled Keywords: RELAKSASI; STROKE
Subjects: R Medicine
R Medicine > RB Pathology > RB37-56.5 Clinical pathology. Laboratory technique
Divisions: Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Harmayetti, S.KpUNSPECIFIED
Dwi Adji Norontoko, S. Kep.NsUNSPECIFIED
Nursalam, M.Nurs (Hons)UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 21 Oct 2016 22:54
Last Modified: 21 Oct 2016 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/40544
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item