Ari Prasetyo, SE., M.Si
(2008)
PENGARUH GAYA KEPIMPINAN DENGAN PATH-GOAL THEORY TERHADAP PRESTASI KERJA DOSEN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN KARAKTERISTIK LINGKUNGAN KERJA DAN KARAKTERISTIK BAWAHAN SEBAGAI VARIABEL MODERATOR.
UNIVERSITAS AIRLANGGA.
(Unpublished)
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui, memahami dan membuktikan adanya pengaruh gaya kepemimpinan menurut teori Jalan-Tujuan (Path-Goal Theory) dimana terdiri dari gaya kepemimpinan direktif, suportif, partisipatif dan berorientasi pada prestasi yang dimoderatori oleh karakteristik lingkungan kerja dan karakteristik bawahan terhadap prestasi kerja dosen. Penelitian ini mencoba menjawab permasalahan-permasalahan, yaitu (I )Apakah gaya kepemimpinan direktif yang dimoderatori oleh karakteristik iingkungan kerja dan karakteristik bawahan berpengaruh terhadap prestasi kerja dosen?, (2)Apakah gaya kepemimpinan suportif yang dimoderatori oleh karakteristik lingkungan kerja dan karakteristik bawahan berpengaruh terhadap prestasi kerja down?, (3)Apakah gaya kepemimpinan partisipatif yang dimoderatori oleh karakteristk lingkungan kerja dan karakteristik bawahan berpengaruh terhadap prestasi kerja dosen?, (4)Apakah gaya kepemimpinan yang berorientasi pada prestasi dan dimoderatori oleh karakteristik lingkungan kerja dan karakteristik bawahan berpengaruh terhadap prestasi kerja dosen?. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan variabel gaya kepemimpinan sebagai variabel dummy (dummy variable) dan formulasi persamaan regresi untuk setiap gaya kepemimpinan adalah : Gaya kepemimpinan direktif : Y = 0,381 + 0,082X1 + 0,065Z1Z2 Gaya kepemimpinan suportif : Y = 0,380 + 0,129X2 + 0,064 Z1Z2 Gaya kepemimpinan partisipatif : Y = 0,387 - 0,116X3 + 0,067 Z1Z2 Gaya kepemimpinan yang berorientasi pada prestasi : Y = 0,384 - 0,077X, + 0,063 Z1Z2 Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah gaya kepemimpinan suportif dan partisipatif yang dimoderatori karakteristik lingkungan kerja dan karakteristik bawahan mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-lama terhadap prestasi kerja dosen Universitas Airlangga. Hal ini dapat diketahui dari nilai level of significant F sebesar 0.035 dan 0,036 (kurang dari 0,05). Hanya variabel moderator yang mempunyai pengaruh dominan atau signifikan secara parsial pads prestasi kerja dosen, yaitu nilai signifikannya kurang dari 0,05. Sedangkan keempat gaya kepemimpinan tidak ada yang mempunyai pengaruh domman atau sigmtikan secara parsial terhadap prestasi kerja dosen Universitas Airlangga. Hal ini menunjukkan bahwa karakteristik lingkungan kerja dan karakteristik bawahan mempunyai pengaruh yang bermakna dan searah terhadap prestasi kerja. Oleh karena iu sangatlah panting bagi pihak pengambil keputusan untuk memberikan lingkungan kerja yang lebih kondusif dan pembinaan kepribadian bagi para dosen.
Actions (login required)
|
View Item |