PERENCANAAN PERBAIKAN MESIN KAPAL SECARA BERKALA SERTA PENGELOLAAN SUKU CADANG PADA PT. PELAYARAN HUB MARITIM INDONESIA

HAFIIDHYAH IMMANIAR RAHMAWATI PUTRI, 041112199 (2016) PERENCANAAN PERBAIKAN MESIN KAPAL SECARA BERKALA SERTA PENGELOLAAN SUKU CADANG PADA PT. PELAYARAN HUB MARITIM INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
620. 41169-abstrak-ilovepdf-compressed-ilovepdf-compressed.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang tentunya memiliki banyak pelabuhan sebagai tempat bersandarnya kapal. Kapal membutuhkan perawatan dan perbaikan terutama mesin-mesin, lambung kapal, bagian ruang muat, tanki ballast, alat-alat bongkar muat, alat-alat keselamatan dan alat-alat navigasi, agar kapal selalu berada di lautan dan dapat mengangkut serta memindahkan orang dan barang dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lain dan mesin-mesin selalu berjalan lancar dan tahan lama meskipun dalam kondisi cuaca yang buruk. terhadap kapal untuk mencegah terjadinya kerusakan dan mengembangkan kepada kondisi yang lebih baik. Hal ini juga dialami oleh perusahaan yang bergerak pada bidang Bunker Service yang sering mengalami kerusakan pada kapal-kapal yang dimiliki perusahaan. Pekerjaan perbaikan kapal dibutuhkan jika ada kerusakan yang terjadi, karena usia kapal yang bertambah dan ausnya bagian-bagian dari konstruksi kapal, sehingga berakibat berkurangnya kemampuan kapal. Penelitian ini menggunakan metode Preventive Maintenence dan Analysis By Cost (ABC) untuk mengetahui bagaimana Schedule Maintenance yang akan dilakukan oleh perusahaan, serta bagaimana pola pengontrolan suku cadang yang efektif untuk perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus. Hasil dari penelitian ini didapatkan tiga kapal yang memiliki frekuensi kerusakan tertinggi pada tahun 2014 dan suku cadang yang harus lebih diperhatikan yaitu generator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.199/16 Put p
Uncontrolled Keywords: Bunker service, Perawatan, Preventive Maintenence, Analysis By Cost.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC401-506 River, lake, and water-supply engineering (General)
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
HAFIIDHYAH IMMANIAR RAHMAWATI PUTRI, 041112199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAmak M Yaqoub, SE., MSM,UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 12 Aug 2016 06:17
Last Modified: 02 Aug 2017 18:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41169
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item