PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE ROLE PLAY TERHADAP PERUBAHAN KEMAMPUAN ORANG TUA DALAM MERAWAT ANAK AUTIS DI YAYASAN CAKRA AUTISM CENTER SURABAYA PENELITIAN QUASY EXPERIMENTAL

Nindya Ghabriella Hosiana Br. Marpaung, 131111004 (2016) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE ROLE PLAY TERHADAP PERUBAHAN KEMAMPUAN ORANG TUA DALAM MERAWAT ANAK AUTIS DI YAYASAN CAKRA AUTISM CENTER SURABAYA PENELITIAN QUASY EXPERIMENTAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP.N.92-16 Mar p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Autis adalah gangguan perkembangan dengan tiga ciri utama yaitu gangguan dalam interaksi sosial, gangguan dalam komunikasi, dan keterbatasan minat serta kemampuan imajinasi. Kemampuan orang tua dalam merawat anak autis sangat diperlukan untuk mengoptimalkan kesembuhan anak autis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kesehatan metode role play terhadap perubahan kemampuan orang tua dalam merawat anak autis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimental dengan grup kontrol dan teknik purpossive sampling. Responden dalam penelitian ini sebanyak 14 orang tua anak autis yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan (7 responden) dan kelompok kontrol (7 responden). Penelitian ini dilakukan selama 4 minggu dengan pemberian intervensi terhadap kelompok perlakuan sebanyak 2 kali intervensi. Data dianalisis menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test dengan tingkat kemaknaan p<0,05. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan setelah diberikan pendidikan kesehatan metode role play tidak terdapat peningkatan pengetahuan (p=0,063), namun terdapat peningkatan sikap (p=0,026) dan tindakan (p=0,017), sedangkan pada kelompok kontrol tidak terdapat peningkatan pada pengetahuan (p=0,317), sikap (p=0,752) dan tindakan (p=1,000). Hasil uji statistik antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendidikan kesehatan metode role play terhadap pengetahuan (p=0,244), dan sikap (p=0,247), namun terdapat pengaruh terhadap tindakan (p=0,010) orang tua dalam merawat anak autis. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kesehatan metode role play berpengaruh terhadap tindakan orang tua dalam merawat anak autis namun tidak berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap. Diharapkan peneliti selanjutnya dapat mengembangkan metode role play dengan topik yang sama dan memilih responden yang homogen serta waktu penelitian yang lebih lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.92/1 Mar p
Uncontrolled Keywords: Role play, orang tua, kemampuan, merawat, autis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB3401-3495 School hygiene. School health services
R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Nindya Ghabriella Hosiana Br. Marpaung, 131111004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRizki Fitryasari Patra K., S. Kep., Ns., M.Kep.UNSPECIFIED
Thesis advisorKhoridatul Bahiyah, M.Kep., Ns., Sp. Kep. JUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 16 Aug 2016 02:02
Last Modified: 05 Jun 2017 20:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41196
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item