DINAMIKA INTERAKSI DAN BUDAYA INKLUSIF DI SMPN 29 SURABAYA

Marhaeni Mega Wijayanti, 071211433036 (2016) DINAMIKA INTERAKSI DAN BUDAYA INKLUSIF DI SMPN 29 SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FIS.S.39-16 Wij d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sekolah idealnya menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh warga sekolah. Tidak terkecuali dengan sekolah inklusif yang terdapat keberagaman didalamnya. Oleh karena sekolah sebagai tempat berinteraksi antarwarga sekolah, diharapkan iklim sekolah yang ada mampu menciptakan budaya inklusif. Namun kenyataannya, tidak semua interaksi yang terjadi belum mencerminkan budaya inklusif. Studi ini dilakukan untuk mengetahui proses dinamika interaksi antarwarga sekolah yang terjadi kemudian apakah dinamika interaksi tersebut sudah mencerminkan budaya inklusif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan berperspektif konstruktivisme. Metode penentuan subyek adalah metode snowball dengan jumlah subyek sebanyak enam belas. Sedangkan SMPN 29 Surabaya menjadi setting penelitian dalam penelitian ini. Pada penelitian ini, dinamika interaksi antarwarga sekolah melelaui beberapa tahap untuk dapat mencapai budaya inklusif. Namun Disisi lain, warga sekolah menyatakan masih banyak bentuk interaksi yang belum mencerminkan budaya inklusif melalui simbol-simbol seperti reproduksi bahasa, gesture, serta tindakan seperti cemoohan dan sindiran yang diberikan kepada berkebutuhan khusus baik dari teman sebaya maupun dari guru, Interaksi guru pendamping khusus dengan guru sekolah reguler yang belum mencerminkan budaya inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.S.39/16 Wij d
Uncontrolled Keywords: Dinamika Interaksi, Interaksi Sosial, Budaya Inklusif, Iklim Sekolah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Marhaeni Mega Wijayanti, 071211433036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTuti Budirahayu, Dr., Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 30 Aug 2016 08:30
Last Modified: 30 Aug 2016 08:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41292
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item