PELAYANAN SAPTA PESONA PARIWISATA JAWA TIMUR: Studi tentang kesan dan pengalaman wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara terhadap pelayanan sapta pesona pariwisata Jawa Timur

HERWANTO ARYO MANGGOLO, Drs. MA and Bagong Suyanto, Drs. and Septi Ariadi, Drs. (1991) PELAYANAN SAPTA PESONA PARIWISATA JAWA TIMUR: Studi tentang kesan dan pengalaman wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara terhadap pelayanan sapta pesona pariwisata Jawa Timur. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (RINGKASAN)
RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT19-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Secara rinci tujuan penelitian adalah ingin mengetahui: (1) Sumber informasi wisatawan mengenai daerah tujuan wisata Jawa Timur; (2) Jenis perjalanan wisata yang biasa dilakukan dan disukai wisatawan; (3) Obyek wisata di Jawa Timur yang disukai wisatawan; dan (4) Kesan dan pengalaman wisatawan terhadap pelayanan Sapta Pesona Pariwisata Jawa Timur. Dalam penelitian ini telah dilakukan wawancara terhadap 300 responden (150 wisatawan nusantara dan 150 wisatawan mancanegara). Lokasi penelitian di tiga daerah tujuan wisata yang populer di Jawa Timur, yakni: Bromo, Halang. dan Surabaya. Sampel penelitian dipilih secara aviability sampling. Dari hasil wawancara, beberapa temuan pokok penelitian ini adalah: (1) Sumber informasi tentang daerah wisata Jawa Timur umumnya diperoleh dari kontak personal dan bukan dari mass media; (2) Wisataan umum nya lebih menyukai melakukan perjalanan wisata dalam kelompuk kecil dan mengurus sendiri; (3) Wisatawan nusantara umumnya lebih menyukai keindahan fisik alam, sedangkan wisatawan mancanegara umumnya lebih menyukai keunikan adat-istiadat masyarakat lokal; (4) secara umum kesan wisatawan terhadap pelayanan Sapta Pesona sudah tergolong baik. Hanya saja untuk aspek membawa kenangan, khususnya ketersediaan souvenir dan kenyamanan transportasi masih menjadi keluhan utama.

Item Type: Other
Additional Information: 338. 479 1 Man p-1
Uncontrolled Keywords: Pariwisata Jawa Timur
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD59-59.6 Public relations. Industrial publicity
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
HERWANTO ARYO MANGGOLO, Drs. MAUNSPECIFIED
Bagong Suyanto, Drs.UNSPECIFIED
Septi Ariadi, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 19:58
Last Modified: 11 Jun 2017 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41505
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item