BEBERAPA MODEL TEORETIK BIROKRASI DALAM PEMBANGUNAN Studi di Beberapa Negara Dunia Ketiga

DJOKO SULISTYO, Drs. MS. and SITI AMINAH, Dra. and Vincensio MA Dugis and B.L.S. Wahyu Wardhani, Dra., MA. and Joosje CH. Tatipata, Drs. (1992) BEBERAPA MODEL TEORETIK BIROKRASI DALAM PEMBANGUNAN Studi di Beberapa Negara Dunia Ketiga. Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
RINGKASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang model-model teoretik birokrasi yang nantinya dapat dipakai untuk menjelaskan permasalahan dan kecenderungan-kecenderungan tertentu dari birokrasi dalam mengoperasikan kewenangannya. Pusat kajian penelitian adalah birokrasi di negara-negara Dunia Ketiga yang notabene birokrasinya memegang peranan penting sekaligus fungsi dan posisinya strategis dalam sistem politik. Peranan dan fungsi birokrasi di negara-negara dunia Ketiga umumnya lebih banyak didekati dengan konsepsi (idealisasi) birokrasi Kax Weber yang bersifat legal-rasional dan universal. Sedangkan menurut kerangka berpikir dari Fred W. Riggs, birokrasi di negara-negara berkembang adalah bermodel prismatik (transisional), sehingga birokrasi dalam mengoperasikan kewenangannya bersinggungan dalam dua (2) pola, yaitu antaara tradisional dan modern (rasional). Sedangkan dari kajian empirik yang dilakukan oleh John L.S Girling terhadap lima negara di Asia Tenggara. Karena alasan pembangunan, birokrasi telah menjadi pihak yang dominan. dan menjadi suatu model pemerintahan yang khas, yang disebutnya dengan bureaucratic polity. Sementara itu menurut Guillermo A. ODonnell, birokrasi beraliansi dengan teknokrat dan militer merupakan trio yang mengendalikan pembangunan dan sistem politik dengan perwakilan kepentingannya yang dinamakan korporatisme (negara). ODonnell menyebutnya dengan bureaucratic authoritarian. Tidak .enutup ke.ungkinan birokrasi di negara-negara Dunia Ketiga akan ke.bali ke abadnya Hax weber, yang disebut dengan birokrasi patri.onial (neopatrionialisme) suatu kebalikan dari birokrasi legal-rasional.

Item Type: Other
Additional Information: KKS KK 302.35 Beb
Uncontrolled Keywords: Birokrasi
Subjects: J Political Science
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3400-3431 Administrative law > K3420-3431 Administrative organization
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
DJOKO SULISTYO, Drs. MS.UNSPECIFIED
SITI AMINAH, Dra.UNSPECIFIED
Vincensio MA DugisUNSPECIFIED
B.L.S. Wahyu Wardhani, Dra., MA.UNSPECIFIED
Joosje CH. Tatipata, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 21:56
Last Modified: 28 Oct 2016 21:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41526
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item