PENELITIAN FITOKlMIA DAN KHASIAT DARI BEBERAPA OBAT TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH (URENA LOBATA Linn. DAN BAUHINIA TOMENTOSA Linn.)

Sutarjadi (1993) PENELITIAN FITOKlMIA DAN KHASIAT DARI BEBERAPA OBAT TRADISIONAL KALIMANTAN TENGAH (URENA LOBATA Linn. DAN BAUHINIA TOMENTOSA Linn.). Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
RINGKASAN.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Urena lobata Linn. dan Bauhinia tomento!Sa Linn. merupakan jenis-jenis tumbuhan obat yang dipakai sebagai bahan obat tradisional di Kalimantan Tengah. Pada peneli.t.i.an ini dilakukan isolasi kandungan kimia (saponin, flavonoid) dan juga dilakukan penelitian pengaruh infus dari akar k£~dl.ia jf;?nis tLlmbuhan tersebut di atas (Urena lobata Linn. dan Bauh1nia tomenta.a Linn.) terhadap spe~matogenesi5 mencit jantan. Serbu~~ akar dari Urena lobata Linn. dan Bauhinia tomenta.a Linn. diekstraksi dangan kloroform. Ekstrak kloroform difraksinasi dangan krOffictogndi kolom Silica gel 60 dengan fase gerak kloroform etancol (9 1) dan seluruh fraksi dimonitol dengan VLT. Untuk ic:lentifikasi isolat disamping uji reaksi war-na juga dilakukan identifikasi spektra masa. InfuB 101. dar i i£lkar Urena lobata Linn. dan BauhinilEl tomentosa Linn. d1berikan perlakuan pada mencit jantan (umur 2-4 bulan) dalam suatu eksperimen yang tardiri dari 7 kelompok mencit jantan (kelompok kontrol 10 ekor, kelompc)k perlakuan masing-masing eker). Pember-ian .in fus dIl akukan per oral selama 35 hari dan masing-masing kelompok perlakuan dengan dosis 0,25 ml, 0,5 mi. dan 1,0 ml infus akar Urena lobata maupun Bauhinia tomentosa Selan jutnya semua mencit dibunuh dengan pemberian eter dan dari organ testis dibuat sediaan histologi.(pewarnaan H.E.) Pengumpulan data dilakukan dengan menghitung jumlah spermatogonium, spermatesit, spermatid dan spermatozoa dari sediaan histologi testis dengan metode modifikasi dari Johnsen. Analisa data dengan uji statistik (ANAVA). Dari haE.l1 isolasi akar Urena lobata diperoleh senyawa sapo-nin dengan punc: ak --puncak spel-;, tr-;:~ tertentu. Dar-i akar Baht.lnilEl tomentasa diper-oleh senyawa triterpen dan flavonoid. Infus 101. d<.H··i akar Urena lobata Linn. dan Bauhinia tomento-sa Linn. menghambat spermatogenesis (spermatogonium, spermatosit, spermatid, spermatozoa) dari mencit jantan.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 615. 32 Pen 2
Uncontrolled Keywords: obat tradisional, kalimantan tengah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-920 Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
S Agriculture
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
SutarjadiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Aimmatul Mukaromah
Date Deposited: 28 Oct 2016 21:46
Last Modified: 28 Oct 2016 21:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41546
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item