RICARDO BANDHASO, 040214418 (2010) EVALUASI SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI ALAT PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PT. PELNI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-bandhasori-16980-abstrak-e.pdf Download (405kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-bandhasori-14253-a41810-e.pdf Restricted to Registered users only Download (861kB) | Request a copy |
Abstract
Masa globalisasi yang berlangsung saat ini sering terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat, pesat, dan serentak. Hal ini menuntut perusahaan untuk bertindak secara cepat, dalam mengantisipasi keadaan yang sedang terjadi. Lingkungan bisnis yang memiliki karakteristik perubahan seperti itu menyebabkan perusahaan untuk bersikap lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan perubahan supaya perusahaan tersebut mampu untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya atau bahkan mampu berkembang pada masa-masa sulit seperti saat ini. Persaingan global diwarnai oleh kompetisi dimana perusahaan yang memiliki kinerja yang baik akan mendesak keluar perusahaan yang memiliki kinerja yang buruk. Jaminan agar perusahaan dapat mencapai kinerja yang efektif dan efisien, maka perusahaan harus memiliki sistem informasi yang memadai. PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa angkutan transportasi laut yang meliputi jasa angkutan penumpang dan jasa angkutan muatan barang antar pulau. Sebagai perusahaan dengan skala nasional tentu pihak manajemennya membutuhkan sistem informasi yang dapat membantu mereka. Hal tersebut melatar-belakangi penulis untuk meneliti penggunaan sistem informasi pemasaran di perusahaan ini sebagai pertimbangan dalam manajemen mengambil suatu keputusan pemasaran untuk perusahaan agar dapat lebih meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem informasi pemasaran pada PT. Pelayaran Nasional Indonesia apakah telah memadai dalam memberikan informasi bagi pihak manajemen yang nantinya akan digunakan dalam pengambilan keputusan. Analisis data dalam skripsi dilakukan dengan cara penjodohan pola, yaitu menentukan pola yang dijadikan acuan untuk mencari data yang diperlukan. Pola yang dijadikan acuan dugunakan untuk mengetahui apakah sistem informasi pemasaran telah dapat memenuhi kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan manajer. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa sistem informasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. PELNI yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi dalam pengambilan keputusan manajemen terutama di marketing planning yaitu perencanaan produk, harga, tempat, promosi, dan bauran terintegrasi secara keseluruhan telah memadai, dimana jumlah keseluruhan informasi yang aktual lebih besar dari nilai yang memadai.
Actions (login required)
View Item |