ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM DIPLOMA TIGA KEPENDIDIKAN MIPA UNAIR DITINJAU DARI PRESTASI HASIL STUDI YANG DICAPAI PADA TINGKAT SEMESTER BERSAMA DENGAN PRESTASI HASIL STUDI YANG DICAPAI PADA TINGKAT SEMESTER LANJUTAN

SEDIONO, Drs (1988) ANALISIS KEMAMPUAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM DIPLOMA TIGA KEPENDIDIKAN MIPA UNAIR DITINJAU DARI PRESTASI HASIL STUDI YANG DICAPAI PADA TINGKAT SEMESTER BERSAMA DENGAN PRESTASI HASIL STUDI YANG DICAPAI PADA TINGKAT SEMESTER LANJUTAN. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-sediono-32087-2.abstr-k.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-sediono-32087-fullk.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu upaya untuk mengatasi kurangnya tenaga pendidik tingkat SMTA yang profesional adalah menyelenggarakan program di ploma kependidikan MIPA di berbagai perguruan tinggi negeri terten tU.di antaranya adalah di FMIPA Unair. Tujuan dibukanya program tersebut antara lain adalah untuk menciptakan tenaga-tenaga pendidik yang terampil di bidang ilmu eksakta.di samping itu juga memilih calon-calon pendidik yang mempunyai kemampuan belajar yang cukup tinggi di bidang ilmu eksakta.yakni meliputi Biologi.Fisika.Kimia.dan Hatematika. Penelitianini mempermasalahkan apakah terdapat perbedaan kemampuan belajar di antara mahasiswa program D3 kependidikan MIPA Unair angkatan tahun 1986.pada saat menempuh perkuliahan di tingkat semes tar bersama(TSB) dan di tingkat semester lanjutan (TSL). Pemilihan masalah ini didasarkan atas pertimbangan bahtva denglUl berhasilnya mahasiswa tersebut di TSB.hal itu akan mempengaruhi keberhasilannya di TSL.Dari hasil penelitian ini ternyata baht-Ia terdapat perbedaan yang cukup berarti antara kemampuan mahasiswa program studi Biologi.Fisika, Kimia.dan Matematika dalam prestasi hasil studi yang dicapai selama menempuh perkuliahan di TSB dan TSL. Selanjutnya perbedaan tersebut berdasarkan uji mean dua populasi dengan statistik uji t diperoleh keterangan bahwa kemampuan mahasisl{a program D3 selama perkuliahan di TSB jauh lebih baik dibanding perkuliahan mereka selama di TSL. Dari penelitian ini.nampaknya program tersebut belum menunjukkan hasil yang optimal.oleh karena itu diperlukan penelitian-penelitian lebih lanjut.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 378.166 4 Sed a
Uncontrolled Keywords: UJIAN DAN PENILAIAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
SEDIONO, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 10 Sep 2016 01:30
Last Modified: 10 Sep 2016 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/41988
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item