Penerapan SERVQUAL dalam Pengukuran Kualitas Layanan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin

Dien Mardhiyah, SE., M.Si and Masmira Kurniawati, SE., M.Si (2013) Penerapan SERVQUAL dalam Pengukuran Kualitas Layanan Kesehatan bagi Masyarakat Miskin. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-mardhiyahd-36414-3.-abstr-i.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
gdlhub-gdl-res-2014-mardhiyahd-36414-16.-daft-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Penelitian ini dilakukan mengingat masih terdapat ketidakpuasan pasien pengguna layanan kesehatan bagi masyarakat miskin yang disebabkan karena masih terdapat keengganan masyarakat miskin dalam menggunakan fasilitas layanan kesehatan bagi mereka. Hal tersebut disebabkan karena kualitas fasilitas layanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang mereka harapkan. Penelitian dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama penelitian bersifat kualitatif yang bertujuan menggali persepsi pasien miskin atas layanan kesehatan bagi mereka dan layanan kesehatan seperti apa yang mereka butuhkan. Pada tahap kedua penelitian bersifat kuantitatif dengan metode survei untuk menguji hubungan antara faktorfaktor yang membentuk kualitas layanan kesehatan bagi pasien miskin dan kepuasan mereka. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien pengguna fasilitas layanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Hasil penelitian pada penelitian tahap pertama menunjukkan bahwa terdapat 8 kategori yang merupakan faktor yang mempengaruhi penilaian atas kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat miskin. Delapan kategori itu adalah perlakuan dokter terhadap pasien, perlakuan perawat terhadap pasien; fasilitas rumah sakit; prosedur pelayanan; fasilitas obat-obatan, sistem antrian; lokasi RS; dan pengobatan gratis.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK2. LP. 11-14 Mar p (FILE FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: kualitas layanan, kepuasan, masyarakat miskin
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4023-4470.7 Poor in cities. Slums
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Dien Mardhiyah, SE., M.SiUNSPECIFIED
Masmira Kurniawati, SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 25 Oct 2016 17:12
Last Modified: 25 Oct 2016 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42433
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item