analisis klausa berstruktur subjek-predikat berdasarkan peran yang menjadi unsur-unsurnya

Edy Jauhari, Drs and Heru Supriyadi, Drs and Purwantini, Dra and Dwi Handayani, Dra and Soko Widodo, Drs (1993) analisis klausa berstruktur subjek-predikat berdasarkan peran yang menjadi unsur-unsurnya. Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-jauhariedy-33016-3.ringk-n.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2014-jauhariedy-33016-11full.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Klausa dapat dianalisis berdasarkan tiga dasar, yakni berdasarkan fungsi yang menjadi unsur-unsurnya (funga! sintaktianya), berdasarkan kategori yang menjadi unsur-unsurnya (kategori aintaktisnya), dan berdasarkan peran yang menjadi unsurunsurnya (peran sintaktisnya). Pembicaraan klausa dari sudut fungai-fungsi sintaktisnya dan dari sudut kategori-kategorisintaktisnya agaknya sudah oukup sering dilakukan. meakipun di sana-sini masih terdapat beberapa persoalan. Akan tetapi,pembicaraan klausa dari audut peran-peran sintaktisnya ternya ta masih aedikit dilakukan orang. Berdasarkan hal inilah. penelitian tentang peran-peran klausa ini dilakukan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada tigahal. Pertama, akan dicoba ditemukan janis-jenis V pengiai fungai P beserta tipe-tipenya. Kedua. akan diketahui pula aneka macam jalinan atruktur peran klauaa yang fungsi P-nya diisi V. Ketiga, tiap-tiap peran yang ditemukan akan dideskripsikan identitasnya secara lebih mendalaB. Data-data dalam ~enelitian ini dikumpulkaD dengan menggunakan metode simak ltetapi tidak sama sakali mengesampingkanmetode percakapan) beaerta teknik dasarnya ialah teknik aadap.Kegiatan penyadapan itu dilakukan dengan cara tidak berpartisipaai ketika menyimak. Setelah data-data yangdiperlukan terkumpul, data-data itu kemudian dianalisis. Metode yang dipergunakan untuk menganalisisnya adalah metode padan. Subjenis metode padan yang digunakan adalah metode padan jenis referensial. Teknik dasarnyaialah teknik pilah unsur penentu beserta alatnya berupa daya pilah jenis referenaial.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 499.221 5 Jau a
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia - Tata Bahasa
Subjects: P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Edy Jauhari, DrsUNSPECIFIED
Heru Supriyadi, DrsUNSPECIFIED
Purwantini, DraUNSPECIFIED
Dwi Handayani, DraUNSPECIFIED
Soko Widodo, DrsUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Oct 2016 19:08
Last Modified: 26 Oct 2016 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42466
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item