UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PENALARAN MAHASISWA SECARA EFEKTIF PADA MATA KULIAH FARMAKOLOGI VETERINER II DENGAN METODE MULTIMEDIA DAN DISKUSI

Tutik Juniastuti,, 132049018 (2004) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN PENALARAN MAHASISWA SECARA EFEKTIF PADA MATA KULIAH FARMAKOLOGI VETERINER II DENGAN METODE MULTIMEDIA DAN DISKUSI. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2007-juniastuti-4035-lp.28_0-k.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2007-juniastuti-4035-lp.28_07.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu ciri-ciri pendidikan formal yang dianut saat ini antara lain bahwa pendidikan merupakan proses yang berkesinambungan dan senantiasa berinteraksi dengan lingkungan (Zamroni, 2000),. Hal ini tidak terlepas dari peran ketiga unsur yaitu dosen sebagai pengajar, sistem pembelajaran sebagai proses dan mahasiswa sebagai peserta didik. Terjadinya kegagalan pendidikan tidak terlepas dari ketiga unsur tersebut, selain itu juga kualitas pengajar, metode pengajaran yang tidak tepat dan peserta didik yang tidak dapat mencapai prestasi yang baik. Oleh karena itu seorang dosen perlu untuk mengetahui gaya belajar mahasiswa. Kegiatan belajar yang berbentuk kuliah atau ceramah raja tidak menarik bagi mahasiswa, mereka lebih senang terlibat dalam interaksi intelektual antar mahasiswa seperti diskusi kelompok, latihan pemecahan masalah, observasi dan penggunaan multi media dalam pengajaran. Mata kuliah Farmakologi Veteriner II (2 SKS) terdiri dari kuliah / tatap muka (1 SKS) dan praktikum (1 SKS) dan merupakan kelanjutan dari mata kuliah Farmakologi Veteriner I. Seperti halnya Farmakologi Veteriner I, mata kuliah Farmakologi Veteriner II merupakan mata kuliah yang penuh dengan hafalan tentang obat-obatan baik mengenai farmakokinetiknya, farmakodinamiknya, efek yang timbul, efek pada organ tubuh lain, efek samping maupun interaksi dengan obat lain, sehingga hal ini dapat menyebabkan atau timbul rasa bosan dan jenuh pada diri mahasiswa dan nilai yang dicapaipun tidak bisa optimal. Oleh karena itu pada kesempatan Program Hibah Pengajaran kali ini, dan berdasarkan latar belakang masalah di atas maka timbul permasalahan sebagai berikut : Apakah dengan metode multimedia dan diskusi untuk memecahkan suatu masalah, mahasiswa lebih dapat memahami mata kuliah Farmakologi Veteriner II ? Apakah dengan memberikan ilustrasi atau demonstrasi yang dilakukan pada waktu praktikum mahasiswa lebih dapat memahami mata kuliah Farmakologi Veteriner II . Tujuan dari penerapan metode ini adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi mata kuliah Farmakologi Veteriner II, sekaligus meningkatkan nilai atau indeks prestasi (IP) mata kuliah Farmakologi Veteriner II.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP. 28/07 Upa
Uncontrolled Keywords: UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Tutik Juniastuti,, 132049018UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 13 Sep 2016 05:47
Last Modified: 28 Dec 2017 06:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item