EFEK PROTEKSI CURCUMINE TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS SEL SPERMATOZOA PADA STRESS

Sri Agus Sudjarwo, Drh., Ph.D and Widajat Sastrowardoyo, dr., Sp.FK (2005) EFEK PROTEKSI CURCUMINE TERHADAP KUALITAS DAN KUANTITAS SEL SPERMATOZOA PADA STRESS. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-sudjarwosr-6893-lp27_08-k.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-sudjarwosr-6893-lp27_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk membuktikan bahwa curcumine dapat memperbaiki kuantitas dan kualitas spermatozoa pada tikus yang mengalami stres. 40 ekor tikus secara acak dibagi menjadi 5 kelompok sebagai berikut : tikus diberi pelarut curcumine (kontrol negatip ). tikus dibuat stress dan diberi pelarut curcumine (kontrol positip), tikus dibuat stress dan diberi curcumine dosis 100 mg/kg BB, dosis 200 mg/kg BB dan dosis 400 mg/kg BB. Setelah 4 minggu dari perlakuan, pada semua hewan percobaan diambil darahnya untuk diperiksa kadar MDA nya, dan diambil spermatozoanya dari caput epididimis untuk diperiksa kuantitas (jumlah spermatozoa) dan kualitas (jumlah spermatozoa yang abnormal dan kecepatan pergerakan spermatozoa) spermatozoanya. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap. Data dari basil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisa varian yang dilanjutkan dengan Uji LSD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tikus yang diberi stressor dapat terjadi kenaikan kadar MDA, penurunan jumlah spermatozoa dan dapat meningkatkan jumlah spermatozoa yang abnormal serta dapat menurunkan kecepatan pergerakan spermatozoa, sedangkan pada pemberian curcumine dosis 400 mg/kg dapat menurtmkan kadar MDA, meningkatkan jumlah spermatozoa dan dapat menurunkan jumlah spermatozoa yang abnormal serta dapat meningkatkan kecepatan pergerakan spermatozoa pads tikus yang diberi stresor. Berdasarkan hasil penelian ini disarankan untuk melakukan pemeriksaan histopatologi testes pada tikus yang diberi stresor.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP 27/08 Sud e
Uncontrolled Keywords: Curcumine, Spermatozoa cell, Stress
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV4905-4959 Animal experimentation. Anti-vivisection
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Sri Agus Sudjarwo, Drh., Ph.DUNSPECIFIED
Widajat Sastrowardoyo, dr., Sp.FKUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 13 Sep 2016 11:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42948
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item