INTERNASIONALISASI MASALAH PAPUA

Baiq L.S.W. Wardhani, Dra., M.A. (2006) INTERNASIONALISASI MASALAH PAPUA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-wardhaniba-6714-lp4208-t.pdf

Download (462kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-wardhaniba-6714-lp4208.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya internasionalisasi dilakukan oleh para aktivis Papua. Selain itu penelitian ini mencermati langkah yang diambil pemerintah RI, khususnya pemerintahan megawati Soekarnoputri untuk mengurangi upaya internasionalisasi tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui kombinasi teknik wawancara dengan para pejabat di Iingkungan Departemen Luar Negeri dengan penelitian kepustakaan. Sementara para aktivis Papua relatif berhasil dalam memperjuangkan kepentingannya di wilayah Pasifik selatan, selama masa pemerintahannya, berjuang untuk mencari keseimbangan antara kepentingan domestik dan luar negeri yang memungkinkannya untuk me-manage sebaik mungkin konflik separatis tersebut agar tidak membahayakan kelangsungan integritas RI. Jumlah pejuang Papua yang relatif kecil sebenarnya bukanlah menjadi ancaman bagi eksistensi nasional Indonesia maupun bagi TNI, setidaknya sampai masalah Papua mendapat dukungan yang cukup kuat dari Pasifik Selatan (yang nampaknya dukungan tersebut tidak terlalu mencemaskan).

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP.42/08 War i
Uncontrolled Keywords: Secessionism, Support, South Pacific, Foreign policy.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV3176-3199 Special classes. By race or ethnic group
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Baiq L.S.W. Wardhani, Dra., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 13 Sep 2016 04:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/42999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item