RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENERAPKAN MODEL QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

FEBRIANA WURJANINGRUM, SE, MT and ARI PRASETYO, SE, M.Si (2005) RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENERAPKAN MODEL QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-wurjaningr-6788-lp124_0-k.pdf

Download (210kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi karakteristik kualitas layanan pendidikan tinggi yang diinginkan oleh mahasiswa sebagai pengguna jasanya , menentukan kondisi kesenjangan kualitas layanan yang diterima dengan yang diharapkan oleh mahasiswa sebagai pengguna jasanya, dan mengusulkan action plan untuk peningkatan kualitas layanan pendidikan tinggi di Universitas Airlangga Surabaya. Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah metode Quality Function Deployment (QFD) dengan penentuan atribut-atribut jasa menggunakan metode SERVQUAL. Untuk mengumpulkan data dari pengguna jasa (mahasiswa) mengenai penilaian serta keinginannya terhadap jasa layanan di Universitas Airlangga, maka perlu dibuat beberapa kuesioner. Secara tunum kuesioner mengandung 3 informasi pokok, yaitu klasifikasi responden, tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap atribut-atribut layanan. Hasil pengolahan data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner tersebut pada akhirnya akan digunakan untuk membangun suatu rumah kualitas. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah dari pengolahan data kesenjangan 22 atribut layanan pendidikan, diperoleh 9 atribut layanan yang mempunyai gap. Kesenjangan atribut layanan pendidikan pada Universitas Airlangga adalah adanya kontribusi alumni terhadap almamater, tingkat pendidikan dan keahlian dosen yang kompeten, kecakapan dan kernampuan dosen dalam rnengajar, kemudalian untuk berkonsultasi dengan dosen, birokrasi atau prosedur pelayanan yang jelas, keraniahan petugas administrasi dalam melayani, pemberian tanggapan terhadap keluhan mahasiswa, adanya fasilitas perpustakaan yang cukup lengkap serta biaya SPP dan IKOMA terjangkau dan sesuai dengan fasilitas yang diperoleh mahasiswa. Tindakan perbaikan yang perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan kesenjangan tersebut menurut nilai prioritas kepentingan yang diharapkan oleh mahasiswa adalah (1) meningkatkan kecakapari dan kemainpuan dosen dalam hal mengajar, (2) meningkatkan pendidikan dan keahlian dosen yang sesuai, (3) penambahan fasilitas-fasilitas perpustakaan, (4) menyeder-hanakan dan memperjelas prosedur pelayanan administrasi, (5) mempertimbangkan kembali biaya SPP dan IKOMA, (6) menyediakan kotak saran / keluhan dan meresponnya dengan cepat, (7) meminta para dosen meluangkan waktu yang cukup untuk konsultasi, (8) melatih kemampua.n dan sikap karyawan administrasi, (9) meningkatkan aktivitas dan peran IKA Airlangga.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK-2 LP 124/08 Wur r FULLTEXT tidak ditemukan
Uncontrolled Keywords: Kulaitas layanan; Pendidikan tinggi; Quality function deployment ( QFD)
Subjects: L Education
Creators:
CreatorsNIM
FEBRIANA WURJANINGRUM, SE, MTUNSPECIFIED
ARI PRASETYO, SE, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Elvi Mei Tinasari
Last Modified: 09 Sep 2016 11:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43019
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item