STUDI DESKRIPTIF STRATEGI PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP PENGELOLAAN SAMPAH DI TPA BENOWO KOTA SURABAYA

Hendrysan Krisna Kurniawan, 071211131008 (2016) STUDI DESKRIPTIF STRATEGI PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP PENGELOLAAN SAMPAH DI TPA BENOWO KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
FIS.AN.38-16 Kur s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKKKKKKKK.pdf

Download (127kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas manusia dan meningkatnya aktivitas ekonomi memicu terjadinya peningkatan jumlah timbulan sampah. Di kota-kota besar seperti Surabaya, masalah sampah merupakan masalah yang tidak bisa dikesampingkan. Pemerintah memiliki kewajiban untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan, salah satunya melalui pembangunan infrastruktur. Akan tetapi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat, pihak pemerintah memiliki keterbatasan anggaran, sehinga perlu adanya strategi pembiayaan yang melibatkan sector swasta. Sehingga kemitraan dengan mekanisme Public Private Partnership menjadi salah satu pilihan terbaik dalam penanganan pembangunan infrastruktur. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan strategi Public Private Partnership dalam mengatasi masalah pengolahan sampah di TPA Benowo, Kota Surabaya Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan secara rinci mengenai strategi Public Private Partnership yang digunakan dalam mengatasi masalah pengolahan sampah di TPA Benowo, Kota Surabaya.Sehingga penelitian ini menggunakan teori Public Private Partnership (PPP), dengan memfokuskan letak kajian pada model kerjasama Build Operate Transfer (BOT). Penentuan informan dilakukan dengan tekhnik purposive sampling, yaitu pihak-pihak yang dianggap mengetahui lebih dalam mengenai kemitraan yang terjalin antara kedua belah pihak. Kemudian, untuk menguji keabsahan data penelitian digunakan tekhnik triangulasi. Sedangkan, tekhnik analisis data dimulai dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan strategi Public Private Partnership yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan pengolahan sampah di TPA Benowo dengan menggunakan model Build Operate Transfer yang dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya dengan menggandeng PT. Sumber Organik berjalan sesuai dengan kontrak perjanjian yang telah disepakati, selama 20 tahun. Dalam strategi Public Private Partenrship dalam mengatasi permasalahan pengolahan sampah diawali beberapa kendala yang disebabkan karena tahapan pelaksanaan PPP tidak sesuai dengan kajian yang digunakan. Dalam tahapan pelaksanaan PPP, pihak DKP tidak melakukan konsultasi public, studi kelayakan dan tinjauan resiko terlebih dahulu, sehingga kendala muncul diawal-awal kemitraan antara DKP dengan PT. SO tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.38/16 Kur s
Uncontrolled Keywords: Public Private Partnership (PPP), Pengolahan Sampah, Build Operate Transfer
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3476-3560 Public property. Public restraint on private property
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Hendrysan Krisna Kurniawan, 071211131008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEko Supeno, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 08 Sep 2016 07:03
Last Modified: 18 Jun 2017 17:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43047
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item