Analisis perambatan multi-soliton bound states pada medium nonhomogen dengan nonlinearitas nonlokal

Isnani Darti, S.Si., M.Si (2012) Analisis perambatan multi-soliton bound states pada medium nonhomogen dengan nonlinearitas nonlokal. UNIVERSITAS AIRLANGGA, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2013-dartiisnan-27423-lp.22-13-a.pdf

Download (656kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perambatan soliton pada medium nonhomogen dengan nonlinearita-, nonlokal dimodelkan oleh persamaan Sehrodinger nonlinear yang dimodifikasi (m-NLS). Pada penelitian ini perambatan multi-solitoll hound sfalt's pada mediull1 nonhomogen dengan nonlinearitas nonlokaL khususnya pada pandu gelombang dengan profil indeks bias linear segitiga dan ramp dianalisis sceara numerik menggllnakan metode Crank-Nicolson. Dalam hal ini digunakan metodc CrankNicolson implisit yang dikonstruksi dengan mcmperhatikan sccara khusus sukusuku nonlinear persamaan m-NLS. Dari hasil analisis diketahui bahwa IIJuilisoliton bound stales yang diinputkan ke dalam pandu gelombang akan pecah menjadi beberapa soliton tunggal yang masing-masing soliton dapat berosilasi, bergerak ke kiri atau ke Kanan hingga terdorong kcluar dari pandu gclombang. atau tetap terjcbak di dalam pandu gelombang bcrgantung pada kenonhomogcnan maupun tingkat kenonlokalan nonlinearitas medium. Analisis nilai eigcn juga dilakukan untuk mcmonitor evolusi nilai cigel1 soliton yang dapat diinterpretasikan sebagai amplitudo dan kccepatan transversal dari soliton. Evolusi nilai eigen dilakukan seeara numerik dcngan mcmanlaatkan solusi numerik dari mctode Crank-Nicolson implisit sebagai potensialnya. Ila511hasil simulasi numerik terhadap mulli-soliton bound slates menunjukkan bahwa kenonhomogenan dan kenonlokalan medium sangat mempengaruhi perambatan soliton. Efek kenonlokalan tidak hanya bergantung pada koefisien kenonlokalan medium, kenonhomogenan indeks bias linear dan gabungan keduanya, tetapi juga bergantung pada amplitudo soliton yang diiinputkan ke dalam pandll gelombang.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK LP.22/13 Dar a (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: multi-soliton bound states. non local nonlinearity. modified NLS equation, Crank-Nicolson scheme
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA184-205 Linear and Multilinear Algebra, Matrices
Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Q Science > QC Physics > QC170-197 Atomic physics Constitution and properties of matter Including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Unair Research > Exacta
Creators:
CreatorsNIM
Isnani Darti, S.Si., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 30 Oct 2016 16:34
Last Modified: 30 Oct 2016 16:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43146
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item