Dwi Handayani, 2011
(2011)
PENGGUNAAN BAHASA TABU DALAM KONTEKS TUTURAN BAHASA JAWA PADA MASYARAKAT JAWA TIMUR.
UNIVERSITAS AIRLANGGA.
(Unpublished)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan variasi-variasi bahasa tabu (taboo) yang digunakan dalam konteks tuturan bahasa Jawa oleh masyarakat Jawa Timur. Selain itu. penelitian inijuga bertujuan mengemukakan penyebab masyarakat Jawa Timur menggunakan bahasa tabu dalam tuturan dalam sitriasi nonformal. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pelaku bahasa pada masyarakat di Jawa Timur, khususnya yang bertempat tinggal di daerah Gresik dan Surabaya. Dengan dipiIihnya dua kota tersebut diharapkan bahwa sasaran penelitian tentang bahasa tabu dapat terwakili dengan baik mengingat masyarakat tersebut sangat responsif dan adaptif terhadap kondisi dalam tata pergaulan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode pereapakan dengan mengambil data seeara spontanitas ketika pembiearaan sedang berlangsung. Selain itu, dilakukan dengan metode wawancara kepada nara sumber sebagai suby~k penelitian sehingga terjadi umpan balik dengan baik. Peneliti juga melakukan peneatatan pada kartu data sehingga data yang diperoleh dapat didata dan diklasifikasi dengan cennat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan bahasa tabu dalam konteks tuturan bahasa Jawa pada masyarakat Jawa Timur, khususnya di daerah Gresik dan Surabaya adalah: dengan menggunakan bentuk idiom, sebagai tindakan darurat, bentuk perbuatan, pengganti organ tubuh atau alat kelamin, dan berhubungan dengan kejiwaan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahasa tabu sering digunakan oleh masyarakat Jawa Timur sebagai pengganti bahasa yang tidak sopan menjadi sopan, bahasa yang vulgar menjadi bahasa yang halus, bahasa yang tidak pantas menjadi pantas dan sebagainya. Hal ini sebagai bentuk tindak berbahasa untuk menjaga tata pergaulan, menjaga kesantunan dengan masyarakat lain sehingga dapat menjaga bubu.1gan dengan baik.
Actions (login required)
|
View Item |