HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN SPIRITUALITAS DENGAN TINGKAT KUALITAS HIDUP TENAGA PROFESIONAL PADA DOKTER YANG SEDANG MENJALANI PROGRAM MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) PERIODE JULI 2010 DI RSUD.DR.SOETOMO SURABAYA

Yulia Fatima Bessing (2010) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECERDASAN SPIRITUALITAS DENGAN TINGKAT KUALITAS HIDUP TENAGA PROFESIONAL PADA DOKTER YANG SEDANG MENJALANI PROGRAM MATA KULIAH DASAR UMUM (MKDU) PERIODE JULI 2010 DI RSUD.DR.SOETOMO SURABAYA. UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Yulia Fatima Bessing.pdf

Download (426kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai penelitian tentang burn out dan kejadian stres sampai pada bunuh diri di kalangan profesi dokter telah banyak dilakukan, dan ternyata hal ini memberikan pengaruh pada kualitas pelayanannya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada faktor pelindung terhadap kejadian burn out sampai pada stres pada dokter, faktor pelindung terse but adalah resiliensi dokter, dan beberapa penelitian menyebutkan tentang kemampuan spiritualitas merupakan faktor pelindung yang kuat. Kemampuan spiritualitas ini juga ditengarai dapat meningkatkan kualitas pelayanan para dokter. Penelitian ini banyak dilakukan di luar negeri. belum ada penelitian tentang tingkat burn out, kepuasan kerja, kemampuan spiritualitas di kalangan dokter Indonesia dan hubungan di antara ketiganya , padahal penelitian tentang ini dapat memberikan masukan terhadap upaya peningkatan sumber daya manusia dokter dalam memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK LP 168/11 Bes h
Uncontrolled Keywords: kecerdasan spiritualitas, kepuasan kerja, burn out, dokter
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q335 Artificial intelligence
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Yulia Fatima BessingUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Sep 2016 08:21
Last Modified: 21 Sep 2016 08:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43274
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item