PENGARUH RADIASI SINAR GAMMA Co-60 PADA BIJI KEDELAI TERHADAP MORFOLOGI DAN KANDUNGAN ASAM AMINO ESENSIAL TANAMAN KEDELAI ( Glycine max ( L) Merill )

Thin Soedarti, Dra. (1995) PENGARUH RADIASI SINAR GAMMA Co-60 PADA BIJI KEDELAI TERHADAP MORFOLOGI DAN KANDUNGAN ASAM AMINO ESENSIAL TANAMAN KEDELAI ( Glycine max ( L) Merill ). UNIVERSITAS AIRLANGGA, UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2014-soedartith-30746-3.ringk-n.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Thin%20Soedarti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu cara untuk mendapatkan varietas baru dapat melalui mutasi induksi dengan menggunakan mutagen kimia dan mutagen fisiko Hutagen fisik yang umum digunakan adalah energi sinar -X, neutron dan sinar gamma ( Welsh, 1991 ). Sinar gamma dapat menimbulkan perubahan -perubahan sifat pada tanaman yaitu sifat genetik, fisiologi dan morfologi (Gaul, 1970). Kedelai ( Glycine max (L) Herill ) adalah komoditas penting di Indonesia karena merupakan sumber protein yang termurah bagi masyarakat dan bergizi tinggi Kandungan asam amino dalam kedelai rata-rata tinggi kecuali metionin.Selain itu kedelai juga mengandung kalsium,fosfor, besi, vitamin A dan B yang berguna bagi metabolisme dan kesehatan sistem saraf. (Suprapto, 1993). Penelitian ini dirancang untuk menjawab permasalahan : Apakah radiasi sinar gamma Co-50 mempengaruhi morfologi tanaman kedelai (Glycine max (L) Merill) dan kandungan asam amino ? Asumsi yang digunakan adalah bahwa radiasi sinar gammma Co-50 adalah mutagen fisik yang dapat menyebabkan mutasi sehingga dapat mempengaruhi morfologi dan kandungan asam amino esensial pada tanaman kedelai (Glycine max (L) Merill). Haka hipotesis yang diajukan adalah : (1) penyinaran radiasi sinar gamma Co-50 pada biji kedelai berpengaru terhadap morfologi tanaman kedelai (Glycine max (L) Herill); (2) penyinaran radiasi sinar gamma Co-50 pada biji kedelai berpengaruh terhadap kandungan asam amino esensial tanaman kedelai (Glicine max (L) Herill); (3) terdapatperbedaan morfologi pada tanaman kedelai (Glycine max (L) Merill) antara biji kedelai yang diradiasi pada dosis tertentu dengan yang tidak diradiasi; dan (4) terdapat perbedaan kandungan asam amino esensial pada tanaman kedelai (Glycine max (L) Herill)antara biji kedelai yang diradiasi pada dosis tertentu dengan yang tidak diradiasi.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK 583.322 Soe p-2
Uncontrolled Keywords: RADIASI SINAR GAMMA
Subjects: Q Science > QC Physics > QC901-913.2 Temperature and Radiation
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
Thin Soedarti, Dra.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 14 Sep 2016 07:36
Last Modified: 18 Jun 2017 17:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/43315
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item